Tak Disangka, Kacang Hitam Mengandung Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Disangka, Kacang Hitam Mengandung Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kacang hitam merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Kacang hitam memiliki nama ilmiah Phaseolus Vulgaris. Warnanya yang mengkilat, ternyata menyimpan segudang nutrisi.

Selain itu, Kacang hitam kaya akan serat dan protein. Kacang hitam  juga mengandung vitamin A, asam folat, asam lemak omega 3, kalsium dan senyawa flavonid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Nah, berikut beberapa manfaat kacang hitam bagi kesehatan.

Mencegah kanker

Kandungan flavonoid dalam kacang hitam berperan sebagai antioksidan untuk menghilangkan efek berbahaya dari paparan radikal bebas pada sel-sel sehat. Konsumsi secara teratur kacang hitam untuk mencegah risiko mengidap berbagai kanker.

Menyehatkan jantung

Kandungan serat yang ada dalam kacang hitam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Antioksidan di dalamnya juga mencegah lemak yang dapat menyumbat di pembuluh arteri jantung.

Melancarkan sistem pencernaan

Serat larut yang hadir dalam kacang hitam dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu serat larut juga membantu menyapu zat beracun dari dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan

Kandungan folat dalam kacang hitam berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi kacang hitam secara teratur dapat mengurangi risiko mengidap penyakit ringan seperti batuk dan pilek.

Membantu menurunkan berat badan

Menjadikan kacang hitam sebagai cemilan sehari-hari merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan cara yang lebih sehat. Pasalnya kandungan didalamnya dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat menjadikan kacang hitam menjadi kudapan dengan mengukusnya. Atau juga dengan mengolahnya menjadi berbagai masakan seperti sup ataupun bubur kacang hitam. (suara.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.