oleh

Karakter Ini Wajib Anda Tanamkan Saat Si Kecil Usia 5 Tahun

PortalMadura.Com – Mendidik anak usia 5 tahun atau sejak dini sangat penting karena pada usia ini mereka mudah sekali menirukan dan merekam dalam ingatan apa yang dilihat dan didengar.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua hendaknya memanfaatkan masa emas anak untuk memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak. Sehingga anak bisa meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupannya di masa mendatang.

Di bawah ini 5 karakter yang perlu ditanamkan saat anak berumur lima tahun sesuai dengan fitrah yang tertanam di dalam dirinya.

Menanamkan Kejujuran
Sifat Jujur modal utama atau dasar seseorang agar menjadi pribadi yang baik. Jika ditanamkan sejak dini maka akan membawa pengaruh positif bagi si kecil.

Taat Terhadap Agamanya
Pendidikan agama memang sudah seharusnya ditanamkan kepada anak semenjak kecil, ajarkan mana yang baik dan buruk, tentang yang boleh dilakukan dan yang tidak. Karena dengan penanaman agama anak akan terarah kedepannya.

Belajar Mencintai
Ya, belajar mencintai. Anak-anak belajar menyukai dengan lihat segera bagaimana kita tunjukkan cinta serta kasih sayang pada orang lain. Biarlah anak-anak tahu kalau kita mencintai kakek-neneknya atau kerabat dekat yang lain. Sedang pada anak-anak kita tunjukkan cinta serta kasih sayang dengan dekapan serta pelukan.

Mandiri
Biasakan dari kecil untuk melakukan segalanya sendiri, seperti makan, mandi, dan menuci pakaiannya. Kelak  dewasa, dia tidak akan canggung lagi untuk mengerjakan hal-hal yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Bertanggung Jawab
Setiap orang pasti akan diminta pertanggungjawabannya. Karena itu, ajarkan si kecil untuk selalu menggunakan akal sehat dan pikiran dalam mengambil keputusan.

Kunci dari ke lima langkah diatas yaitu orang-tua jadi fasilitator serta teladan untuk anak. Sebagai fasilitator orang tua sediakan situasi yang aman serta nyaman untuk daya imajinasi anak. (satujam.com/choir)

Komentar