Tak Hanya Baik Bagi Kesehatan, Ternyata Pemberian ASI Bisa Bikin Anak Penurut

Avatar of PortalMadura.com
Tak Hanya Baik Bagi Kesehatan, Ternyata Pemberian ASI Bisa Bikin Anak Penurut
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah banyak yang tahu bahwa ASI () eksklusif memiliki berbagai manfaat kesehatan, baik untuk anak ataupun ibu. Tidak hanya itu, ternyata ASI juga bisa membuat perilaku anak lebih baik di masa depannya.

Pasalnya, dengan memberikan seorang anak bisa lebih penurut dan terhindar dari berbagai perilaku negatif, misalnya suka berbohong dan mencuri.

Selain itu, ASI punya manfaat untuk membuat anak punya IQ lebih tinggi. Anak pun bakal jarang terkena infeksi dan terhindar dari risiko obesitas.

Dari hasil penelitian yang ditulis dalam Archives of Disease in Childhood, dilansir Readers Digest, anak yang minum ASI ekskusif akan memiliki sikap dan perilaku yang lebih baik. Mereka akan terhindar dari gelisah, hiperaktif dan perilaku yang buruk.

Penelitian yang dilakukan Oxford University menemukan bahwa anak yang mendapat ASI selama 4 bulan atau lebih memiliki perilaku yang baik. Penelitian ini dilakukan pada 10.000 bayi yang lahir pada rentang waktu 2000-2001. Saat berusia 5 tahun, 16 persen anak yang minum susu formula memiliki perilaku hiperaktif, berbohong, bahkan mencuri. Kasus yang sama ditemukan pada anak yang minum ASI hanya 6% saja.

Saat penelitian dilanjutkan setelah anak berusia lebih dari 5 tahun, perilaku mereka yang diberi ASI jauh lebih baik dan memiliki risiko berperilaku buruk lebih rendah 30 persen dibanding anak yang minum susu formula.

Faktor ini kemungkinan besar terjadi karena ibu yang menyusui memiliki pendidikan yang baik dan mampu mengajarkan perilaku baik untuk si kecil. Selain itu, memberikan ASI membuat ikatan ibu dan anak lebih kuat, serta ibu makin bisa mengarahkan anak untuk jadi pribadi yang lebih baik. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.