Tak Hanya Cantik, Bunga Kenanga Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Tak Hanya Cantik, Bunga Kenanga Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan
Ilustrasi (humairoh.com)

PortalMadura.Com merupakan bunga dari pohon kenanga () yang banyak tumbuh di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia. Bunga kenanga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengurangi stres hingga mengobati .

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (26/3/2021), berikut manfaat bunga kenanga untuk kesehatan:

Meningkatkan Kualitas Tidur

Senyawa linalool pada bunga kenanga dapat menghasilkan efek sedatif penenang. Senyawa ini dapat menurunkan aktivitas saraf di otak sehingga menimbulkan efek mengantuk. Tak heran jika bunga kenanga sering dijadikan sebagai aromaterapi untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Mencegah

Asma merupakan penyakit pernapasan yang erat hubungannya dengan stres. Jika memiliki asma, Anda bisa menggunakan minyak esensial bunga kenanga untuk mencegah kambuhnya asma yang dipicu oleh stres.

Mengobati Infeksi Jamur

Bunga kenanga dinilai efektif untuk mengobati infeksi jamur, terutama infeksi Candida albicans. Selain dapat menimbulkan efek kantuk, senyawa linalool dalam bunga kenangan juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Mengurangi Tingkat Stres dan Kecemasan

Minyak esensial bunga kenanga bahkan terbukti dapat menambah efektivitas terapi pencegahan risiko bunuh diri pada pasien dengan depresi berat. Menghirup aroma dari minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Menurunkan

Kandungan minyak esensial bunga kenanga memiliki efek menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta melambatkan detak jantung. Efek ini dapat bermanfaat untuk penderita hipertensi, terutama bila digunakan secara rutin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.