oleh

Perlu Bunda Ketahui, 5 Tips Atasi Anak yang Suka Begadang

PortalMadura.Com – Tidur merupakan bagian penting dari rutinitas harian, menjaga kualitas tidur yang tepat sama pentingnya untuk kelangsungan hidup seperti makanan dan air. Namun, remaja seringkali begadang, seperti untuk mengerjakan tugas, bermain media sosial, atau menyaksikan televisi.

Sering begadang justru tak bisa membentuk atau mempertahankan jalur di otak yang memungkinkan anak belajar dan menciptakan kenangan baru. Sebagai orang tua tentunya Anda harus membantu mengurangi kebiasaan begadangnya. Seperti yang di lansir dari laman Popmama.Com, Jumat (26/3/2021):

Batasi Layar di Kamar Tidur Anak

Memiliki layar di kamar tidur juga berarti anak remaja lebih cenderung begadang ketika berinteraksi dengan teman-temannya di media sosial. Maka dari itu, dorong remaja untuk memiliki waktu bebas layar setidaknya satu jam sebelum tidur. Anda dapat meminta anak agar jangan bawa ponsel, tablet, TV, atau komputer di kamar tidur pada malam hari. Karena tanpa disadari cahaya dari layar gadget dapat mengganggu waktu tidur anak.

Ajak Anak Olahraga Berasama

Jika anak sulit bangun pagi atau memiliki aktivitas di pagi hari seperti bersekolah, Anda dapat mengingatkan anak untuk tetap rutin berolahraga di siang hari, karena hal tersebu juga akan membantu mendorong pola tidur yang sehat. Olahraga teratur membantu anak untuk tidur lebih nyenyak.

Hentikan Konsumsi Kafein

Ganti minuman kafein anak dengan air mineral, jus buah, atau teh herbal untuk meningkatkan kesehatan anak dan tidak mengurangi waktu tidurnya. Karena terlalu banyak mengonsumsi minuman kafein dapat menghentikan pola tidur berkualitas anak dan mengurangi jumlah tidur nyenyak yang anak miliki.

Jangan Makan Berlebihan Sebelum Tidur

Hal ini bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan di malam hari dan mungkin mencegahnya tidur nyenyak.

Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman Untuk Anak

Pastikan anak memiliki lingkungan tidur yang baik, idealnya ruangan yang gelap, sejuk, tenang dan nyaman. Kamar tidur harus menjadi tempat yang damai untuk istirahat dan tidur. Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol sehingga lingkungan kamar anak membantunya untuk tertidur.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar