oleh

Tak Hanya Cantik, Bunga Teratai Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Bunga teratai diketahui sebagai pengobatan tradisional sudah berlangsung sejak lama. Salah satu manfaat bunga teratai yang paling umum adalah untuk mengobati diare.

Di samping itu, masih ada berbagai manfaat bunga teratai lainnya yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (12/4/2021), berikut manfaat bungan teratai untuk kesehatan:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Mengatasi Diare

Pada bagian tengah bunga teratai, terdapat kumpulan biji teratai. Biji ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, lalu meminumnya selagi hangat. Tambahkan gula sesuai selera untuk menyedapkan rasa.

Mengatasi Kulit Berminyak

Kelopak bunga teratai dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Ekstrak kelopak bunga teratai dan teh hijau dapat secara signifikan mengurangi produksi minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Hal ini akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

Menyehatkan Jantung

Akar bunga teratai mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Selain itu, akar bunga teratai juga mengandung cukup banyak kalium yang diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Mengurangi Peradangan

Hal ini dikarenakan biji bunga teratai mengandung senyawa polisakarida yang memiliki efek antiradang serta antioksidan. Manfaat bunga teratai ini sangat penting, karena adanya peradangan dalam tubuh diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Mengatasi Perdarahan Berlebih Saat Haid

Ekstrak daun dan akar bunga teratai juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk melancarkan siklus haid serta menghentikan perdarahan berlebih saat haid.

Melawan Pertumbuhan Sel Kanker Paru-paru

Biji bunga teratai berpotensi menjadi obat kanker paru-paru. Potensi ini datang dari neferine, yaitu senyawa organik di dalam biji bunga teratai. Pada penelitian tersebut, senyawa ini terbukti dapat membunuh serta menghambat penyebaran sel kanker paru-paru.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar