PortalMadura.com

Tak Hanya Ibu, Mengasuh Anak Juga Tanggung Jawab Seorang Ayah

  • Senin, 10 Juli 2017 | 07:00
Tak Hanya Ibu, Mengasuh Anak Juga Tanggung Jawab Seorang Ayah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang ayah yang sibuk mencari nafkah untuk keberlangsungan ekonomi keluarga pasti merasa tidak punya cukup waktu untuk berinteraksi dengan anak. Padahal, peran ayah juga sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Sebagian ibu memang mempunyai banyak waktu di rumah bersama buah hati mereka, tapi masalah mengasuh anak adalah tanggung jawab kedua orang tua. Jika diibaratkan burung yang memiliki dua sayap, anak membutuhkan keduanya untuk terbang tinggi ke angkasa. Kedua sayap itu adalah ayah dan ibunya yang semestinya dapat mengantarkan jiwa dan raga sang anak tumbuh optimal menjadi generasi unggulan harapan bangsa.

Sebagaimana menurut seorang praktisi sekaligus konsultan psikologi klinis dan pendidikan, Naomi Soetikno, M.Pd, menjelaskan, peran ayah dalam pengasuhan anak (fathering) sama pentingnya dengan peran ibu.

Hari Jadi Sumenep

“Pada balita usia 0-2 tahun, bermain bersama ayah akan membantu perkembangan sensor motorik mereka. Sedangkan pada balita usia 2-5 tahun akan membantu perkembangan logika mereka. Anak yang banyak bermain bersama ayahnya, logika dalam berpikir akan lebih jalan dan lebih mudah bersosialisasi. Sedangkan anak yang lebih dekat dengan ibunya akan menjadi anak yang lebih hangat disebabkan sifat ibu yang lebih ‘ngemong’. Tentunya akan sangat baik jika anak dekat secara emosional dengan kedua orang tuanya,” jelasnya.

Lebih lanjut Naomi menyebutkan, banyak riset menunjukkan bahwa dengan adanya ayah yang turut berperan serta dan aktif dalam pengasuhan anak akan memberikan keuntungan besar bagi perkembangan anak.

Seperti disebutkan dalam riset yang dilakukan psikolog dari University of Cambridge, Inggris, Michael Lamb, yang telah melakukan banyak penelitian mengenai peran ayah bagi anak. Ia mengatakan, ayah berperan dalam membantu perkembangan kemampuan sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan motorik anak.

Oleh karena itu, ayah tidak hanya memiliki tanggung jawab masalah materi saja, namun dalam hal pengasuhan anak, peran seorang ayah juga sangat dibutuhkan demi kesuksesan si kecil di masa mendatang. (ummi-online.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional