oleh

Tak Harus Mahal, Ini 5 Cara Pilih Busana Berhijab untuk Wawancara Kerja

PortalMadura.Com – Saat akan menghadapi interview kerja, tentunya persiapan haruslah matang. Mulai dari CV, informasi tentang perusahaan terkait, hingga baju yang akan dipakai.

Tidak jarang, hal kecil seperti memilih pakaian justru sering membingungkan mayoritas orang. Untuk itu, ada beberapa poin yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memilih pakaian untuk wawancara kerja.

Loading...

Apa saja?. Berikut ini uraiannya:

Mengetahui Jenis Perusahaan
Di era ini, tidak semua perusahaan mewajibkan baju formal untuk bekerja. Industri kreatif misalnya, mereka membebaskan pakaian untuk bekerja asalkan tetap sopan. Untuk perusahaan jenis ini, Anda bisa memiliki kebebasan ekstra dalam memilih busana.

Namun, untuk perusahaan yang formal seperti Bank biasanya memiliki aturan khusus bahkan busana saat wawancara. Contohnya saja harus memakai kemeja putih dan bawahan hitam. Jadi, pastikan Anda mengenal perusahaan yang akan Anda datangi.

Memilih Potongan Busana
Setelah tahu perusahaan seperti apa yang akan Anda datangi, baru Anda melangkan pada pemilihan busana. Meski Anda mendatangi perusahaan kreatif seperti Production House (PH) atau advertising agency, Anda harus tetap memerhatikan busana.

Pilih potongan busana yang clean dan simple seperti blazer dan kemeja. Tidak harus blazer mahal. Ada banyak blazer yang dijual online dengan harga murah. Pilih juga celana atau rok berpotongan lurus, hindari memakai legging atau celana yang terlalu ketat.

Memilih Bahan Pakaian
Tidak hanya potongan, jenis bahan juga sangat penting diperhatikan. Hindari bahan kaos atau rayon yang terlalu kasual. Anda bisa memilih bahan katun dan satin agar terlihat lebih rapi. Untuk hijab, Anda bisa memilih bahan voile atau viscose yang nyaman dipakai.

Baca Juga: Guys, Gunakan Warna Busana Ini Jika Anda Ingin Sukses Wawancara Kerja

Menentukan Gaya Hijab
Bagi hijabers, memilih gaya hijab juga harus berhati-hati. Pastikan memakai gaya hijab yang simple tanpa banyak jarum pentul. Jika memakai hijab segi empat, kenakan cukup dengan 1-2 jarum pentul saja. Begitupun dengan pashmina.

Memilih Aksesori
Sebaiknya hindari memakai aksesori yang berlebihan saat interview kerja. Pilih bros berukuran kecil atau sedang, kalung dengan desain minimalis, atau jam tangan favorit Anda. Tidak perlu memakai headpiece atau gelang lebih dari 2 jenis. Semakin simple, semakin baik jadi pilihan. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar