Tak Perlu Mahal, Ini 3 Kriteria Tabir Surya yang Aman bagi Kulit

Editor: Desy Wulandari
Tak Perlu Mahal, Ini 3 Kriteria Tabir Surya yang Aman bagi Kulit
Ilustrasi (Grid.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Penggunaan sunscreen harus dilakukan seseorang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau ultraviolet, juga mencegah risiko terjadinya kanker kulit. Sunscreen sangat wajib dipakai setiap hari dengan takaran kurang lebih 2 jari, bahkan harus rajin diaplikasi ulang setiap 2-3 jam sekali agar perlindungannya lebih optimal.

Sunscreen sendiri tersedia dalam berbagai bentuk lotion, krim, salep, gel, semprotan, tisu, sampai lip balm. Namun yang perlu diketahui yaitu sunscreen mempunyai beberapa kriteria. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Mengandung Minimal SPF 30

Pilihlah sunscreen dengan kandungan (sun protection factor) setidaknya pada angka 30. Angka SPF mengacu pada level perlindungan terhadap sinar UVB. SPF 15 dapat memblokir 93 persen UVB, SPF 30 memblokir 97 persen UVB, SPF 50 memblokir 98 persen UBV, dan SPF 100 memblokir 99 persen UVB.

Baca Juga:  Rawat Kulit Sunburn dengan 5 Cara Mudah Ini

Berlabel Broad Spectrum

Radiasi sinar UV terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Namun, dampak radiasi sinar UV yang paling berisiko pada kesehatan kulit adalah dampak dari jenis paparan radiasi UVA dan UVB. Nah, produk dengan fitur gabungan dalam melindungi kulit dari UVA dan UVB inilah yang disebut sebagai Broad Spectrum sunscreen. Dalam hal ini berarti tidak hanya melindungi dari akibat paparan sinar UVB saja, namun juga dapat melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV secara menyeluruh.

Tekstur yang Nyaman Sesuai Jenis Kulit

Pilihlah sunscreen dengan tekstur yang nyaman dan sesuai dengan jenis kulit Anda, baik sunscreen khusus untuk kulit kering, kulit berminyak, kulit berjerawat, hingga kulit sensitif. Dengan begitu, Anda bisa menjalani kehidupan yang aman dari sinar matahari.

Baca Juga:  Ternyata Ini 5 Hal Penyebab Rambut Berubah Warna dan Tekstur

Akan tetapi, ingatlah bahwa meskipun penting, tabir surya saja tidak cukup. Carilah tempat teduh jika memungkinkan, kenakan pakaian anti sinar matahari, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam anti UV, untuk strategi perlindungan matahari yang lengkap.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.