oleh

Tak Perlu Operasi, Yuk Atasi Hernia dengan Olahraga Ini

PortalMadura.Com – Hernia merupakan penyakit yang terjadi ketika ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat melalui jaringan otot. Melemahnya otot tersebut hingga tidak dapat menahan organ di dekatnya akan mengakibatkan hernia.

Penyakit yang juga disebut sebagai penyakit ‘turun berok’ ini biasanya terjadi pada daerah pangkal paha. Sampai saat ini, masih banyak orang percaya bahwa penyakit ini hanya bisa disembuhkan melalui operasi. Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit akibat hernia, yaitu melalui olahraga yoga.

Pasalnya, olahraga yoga selama ini terbukti cukup efisien untuk menyembuhkan beberapa jenis hernia, bergantung pada kondisi pasien. Melakukan yoga secara teratur juga bisa membuat pasien memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Olahraga Yoga untuk atasi Hernia

Lantas, apa saja olahraga tersebut?. Berikut beberapa jenis yoga yang bisa dilakukan untuk mengatasi hernia:

Supta Vajrasana

Gerakan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan siku, kepala, dan pundak. Anda harus duduk, kemudian tekuk siku ke belakang dan letakkan kepala di lantai.

Saat melakukan ini, Anda harus membungkuk dan posisi lutut harus ada di lantai. Sangat penting untuk menutup mata dan membiarkan tubuh rileks ketika melakukannya, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

 

Sarvangasana

Sarvangasana adalah gerakan lain yang lebih sulit dilakukan. Untuk melakukannya, Anda harus berbaring telungkup dengan kedua tangan di sisi tubuh Anda, jaga telapak tangan agar tetap pada lantai.

Setelah itu, naikkan kaki dengan bantuan tangan. Tekuk siku untuk menjaga telapak tangan tetap lurus. Selanjutnya jaga agar posisi kaki tegak lurus dengan leher.

sarvangasanaVipareetkarani Mudra

Gerakan vipareetkarani mudra hampir sama dengan sarvangasana. Namun pada gerakan yoga ini, tubuh dan kaki harus membentuk sudut 45 derajat, sementara di sarvangasana tubuh dan lutut membentuk sudut 90 derajat.

Supta VajrasanaHalasana

Gerakan yoga ini dilakukan dengan berbaring telentang kemudian menempatkan bokong Anda ke samping. Setelahnya, Anda harus mengangkat kaki ke atas dan lurus tanpa memberikan tekanan pada tangan. Kemudian gerakkan kaki ke bawah melewati kepala hingga jempol Anda menyentuh tanah.

HalasanaItulah beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan hernia tanpa melakukan operasi. Gerakan yoga lain yang juga efektif untuk mengatasi hernia adalah Pashini Mudra, Aswini Mudra, Yogamudra, Jalandhat bandh, dan lainnya.

Namun, penting diingat bahwa lebih baik melakukan gerakan yoga di atas dengan pengawasan ahli atau instruktur yoga untuk menghindari cedera. Semoga bermanfaat.

Rewriter: Putri Kuzaifah
sumber:merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar