oleh

Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Aman Berkendara Saat Ada Aksi Unjuk Rasa

PortalMadura.Com – Saat ini di berbagai daerah di Indonesia terjadi demo besar-besaran menolak UU Cipta Kerja yang disahkan DPR RI. Meskipun selalu dapat pengawalan dari aparat kepolisian, terkadang pendemo masuk ke akses jalan raya dan mengganggu pengendara.

Mungkin tidak akan menjadi masalah jika demo dilakukan dengan tertib dan damai, namun hal berbeda bisa saja terjadi jika demo berakhir dengan kericuhan dan kerusuhan. Jika Anda berada di posisi tersebut, sebaiknya Anda melakukan hal ini.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika terjebak dalam sebuah demo besar. Apa saja?

Ini penjelasannya:

Selalu Simak Berita-berita Aktual, Terutama Kondisi Lalu Lintas

Selain untuk menambah wawasan, update informasi kondisi lalu lintas terkini mutlak harus Anda lakukan jika ingin berkendara dengan aman tanpa hambatan. Jika tahu di lokasi tertentu sedang terjadi demo, Anda bisa mengambil jalan alternatif lain untuk dilalui.

Meski biasanya jalan alternatif tidak selancar jalan utama, hal tersebut tidak menjadi masalah jika Anda memang ingin cepat sampai di tempat tujuan.

Jangan Sekali-kali Bunyikan Klakson dengan Nada Tinggi

Ingat ya, jangan sekali-kali membunyikan klakson dengan tekanan kuat ketika sedang melihat demo besar ya? Jangan karena emosi ketika perjalanan terhambat, Anda meluapkan kekesalan dengan menekan klakson secara membabi buta. Iya kalau para pendemo sabar, kalau mereka tersinggung dan emosi lalu berbalik menyerang Anda bagaimana?

Tunjukan Empati dengan Anda Turun dari Kendaraan

Sebagai bentuk dukungan dan sikap empati, Anda bisa juga turun dari kendaraan meski hanya sebentar. Tunjukkan sikap ramah dengan mengajak berbincang salah satu dari mereka di belakang dan sikapi dengan bijak permasalahan mereka. Di akhir percakapan, Anda bisa memberikan kalimat-kalimat positif agar semua bisa berjalan aman dengan hasil akhir yang baik.

Amankan barang-barang Bawaan sebagai Antisipasi Jika Terjadi Kerusuhan

Untuk sekadar jaga-jaga dan bentuk antisipasi, Anda bisa mengamankan barang-barang penting dan berharga untuk simpan di tempat aman. Karena Anda tidak bisa memprediksi sebuah demo akan berakhir damai atau ricuh, maka antisipasi segala hal mutlak harus Anda lakukan. Anda tentu tidak ingin barang-barang berharga hilang karena tangan jahil orang-orang tidak bertanggung jawab kan?

Ambil Jalan Keluar Paling Dekat (Nearest Exit)

Nah, ini nih yang paling penting diketahui saat Anda terjebak dalam sebuah demo besar ketika bekendara. Sebelum demo semakin besar, segera cari jalan keluar paling dekat (nearest exit) agar Anda bisa menghindari kemacetan. Untuk mencari jalan keluar paling dekat,Anda bisa tanya petugas kepolisian, masyarakat, atau orang-orang yang sudah tahu lokasi dan kondisi jalan secara lebih rinci.

Jadi, jangan panik ketika Anda terjebak dalam demo besar ya. Namun, sikap waspada tentu saja harus Anda miliki untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar