Tak Sekedar Bumbu Dapur, 6 Manfaat Bawang Dayak Yang Baik Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Tak Sekedar Bumbu Dapur, 6 Manfaat Bawang Dayak Yang Baik Untuk Kesehatan
Ilustrasi (sayurbox.com)

PortalMadura.Com () adalah jenis bawang yang berasal dari Kalimantan, Indonesia. Sekilas hampir sama dengan bawang merah, namun bentuknya lebih pipih.

Berkat manfaatnya tersebut, bawang Dayak bahkan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (13/8/2021), berikut manfaat bawang dayak untuk kesehatan:

Melawan

Kandungan triterpenoid, polifenol, dan flavonoid di dalam bawang Dayak berperan sebagai antioksidan. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami masalah kesehatan, seperti penuaan dini, kanker, dan demensia, bisa menurun.

Menjaga

Ekstrak etanol pada bawang Dayak bisa meningkatkan kepadatan dan bobot tulang. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko menderita penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Bawang Dayak bisa menjaga kolesterol Anda dalam kadar yang normal. Kandungan eleutherinol di dalam bawang Dayak mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL (kolesterol jahat) di dalam darah.

Mengobati Jerawat

Bawang Dayak berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat antijerawat. Kandungan etanol bawang Dayak yang terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada kulit, yakni Propionibacterium acne.

Mencegah Infeksi Bakteri

Ekstrak etanol pada bawang Dayak mampu melawan bakteri patogen Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan berbagai infeksi, seperti infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan eleutherol, eleuthocide A, dan eleutherinoside B yang ada pada bawang Dayak memiliki sifat antidiabetik yang bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.