Tak Selalu Buruk, Kenali 3 Manfaat Biarkan Anak Menangis

Avatar of PortalMadura.com
Tak Selalu Buruk, Kenali 3 Manfaat Biarkan Anak Menangis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak kecil akan sesuatu sudah menjadi hal yang biasa atau wajar terjadi. Entah itu di rumah sendiri atau di tempat umum. Sebagian orang tua merasa khawatir dan panik saat anaknya menangis.

Tapi sebenarnya Anda tidak perlu bingung, apalagi memarahinya, karena menangis tidak selamanya pertanda buruk. Justru jika Anda membiarkannya menangis akan ada manfaat baik yang akan didapatkannya. Dengan kata lain, membiarkan menangis di sini adalah tidak melarangnya menangis.

Berikut tiga manfaatnya:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Menangis adalah salah satu cara mengungkapkan perasaan. Anak yang masih rentan dan sensitif tentu ingin mengungkapkan perasaannya, dan cara yang paling ia ketahui adalah dengan menangis. Tidak masalah, karena dengan begitu anak tidak memendam perasaan negatif.

Dengan keluarnya perasaan negatif, secara alami tubuh akan lebih nyaman. Ketika bahagia dan tenang, tubuh akan memperbaiki kekebalan tubuh terhadap penyakit. Menangis sangat sehat untuk kesehatan otak dan mental anak.

Anak menjadi Lebih Terbuka
Ketika orang tua menerima anak yang sedang menangis, tidak memarahinya dan dengan kasar menyuruhnya diam, efek positifnya adalah anak jadi lebih terbuka. Anak akan terbiasa mengungkapkan emosi dan perasaannya. Hal ini akan membantu anak tidak tumbuh sebagai pribadi tertutup, keras hati dan tidak punya empati.

Anak Terikat dengan Ibunya
Menenangkan anak menangis akan menjadi momen membangun kedekatan emosional dengan anak. Anak jadi nyaman dengan ibunya untuk berbagi apa yang ia rasakan dan apa yang terjadi di dalam hidupnya. Hal ini nantinya akan jadi bekal yang baik untuk lebih mengenal anak dan mencegahnya dari kegiatan negatif.

Tentu saja melarang anak menangis bukan tindakan yang sepenuhnya salah, tapi harus dilihat juga usia sang anak. Jika anak sudah bisa mengerti mana yang baik dan tidak, boleh saja melarangnya tapi dengan cara yang halus dan tepat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.