Mau Mata Anda Tetap Sehat di Era Digital? Yuk, Ikuti 6 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mau Mata Anda Tetap Sehat di Era Digital? Yuk, Ikuti 6 Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era teknologi digital yang semakin berkembang, penglihatan seseorang dapat terancam akibat gaya hidup. Seperti kasus miopia atau rabun jauh, yang belakangan ini berkaitan dengan degenerasi makula semakin besar.

Sebagaimana menurut neuroscientist di University of Georgia, Jim Stringham mengatakan, hanya dua jam berada atau menatap layar komputer berpotensi mengembangkan sindrom penglihatan komputer atau sering disebut digital eyestrain sebesar 90 persen.

Parahnya, kondisi ini dapat memicu berbagai masalah seperti penglihatan kabur dan mata kering, serta sakit bagian atas dan kepala. Sebagian dari kerusakan kemungkinan besar berasa dari cahaya biru berenergi tinggi yang dipancarkan gadget yang dapat merusak sel di retina karena degenerasi makula.

Para ahli mengatakan, 80 persen masalah penglihatan dapat disembuhkan atau dihindari. Sebenarnya dengan mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari, Anda dapat menjaga penglihatan tetap baik.

Berikut enam cara menjaga di :

Duduk Sekitar 20 Sentimeter dari Layar Komputer
Duduk tidak terlalu dekat dengan layar dapat membuat mata Anda tidak menyipit sehingga Anda akan sedikit mengalami sakit kepala dan mengurangi risiko sindrom penglihatan komputer.

Berikan Pelindung Layar
Lampu yang terang dan sinar matahari memantul ke monitor serta melempar kembali ke mata Anda sehingga membuatnya iritasi. Beri filter atau pelindung dari sinar yang terlalu terang. Kurangi juga tingkat kecerahan di perangkat komputer atau gadget Anda.

Perbesar Teks pada Gadget Anda
Sebenarnya, mata Anda berjuang keras untuk membaca tulisan atau teks di layar yang terdiri dari piksel dengan tepian buram sehingga menyebabkan kelelahan pada mata. Tulisan yang Anda lihat seharusnya tiga kali ukuran terkecil yang bisa Anda baca dari posisi normal Anda.

Terapkan Aturan 20-20
Setiap 20 menit, cobalah untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Hal ini untuk melemaskan otot mata dan mengurangi gejala pesudomyopia.

Jaga Mata Tetap Berair
Jika mata Anda kering, oleskan tetes mata dua hingga tiga jam sehingga mata tetap berair. Mata yang kering dapat memicu iritasi.

Makan Bayam
Sebuah penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi suplemen lutein dan zeaxanthin setiap hari (setara dengan 2 mangkuk besar bayam setiap hari) selama enam bulan, melaporkan 29 persen lebih sedikit alami kelelahan mata dan sakit kepala yang lebih rendah.

Retina pada mata menyedot nutrisi yang sebagian besar terkandung dalam bayam dan menggunakannya untuk menyaring sinar biru yang merusak mata.

Anda juga bisa menjaga kelembapan mata dengan secara perlahan menutup mata selama dua detik, pejamkan dengan kuat selama 2 detik, kemudian buka kembali. Ulangi latihan ini setiap satu jam sekali untuk membantu menjaga permukaan mata tetap lembap. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.