Tak Separuh Nelayan di Sumenep Dapat Kartu Asuransi

Avatar of PortalMadura.com
Tak Separuh Nelayan di Sumenep Dapat Kartu Asuransi
Nelayan Sumenep

PortalMadura.Com, – Sebanyak 29 ribu dari 43 ribu nelayan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum mendapatkan Kartu Asuransi Nelayan. Dari data yang ada hanya 14 ribu yang telah memiliki Kartu Asuransi Nelayan tersebut.

“Salah satu syarat untuk mendapatkan kartu nelayan itu kan di KTP harus tercantum pekerjaannya sebagai nelayan, tapi ternyata mayoritas para nelayan di Sumenep masih malu mencantumkan nelayan sebagai pekerjaannya,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Arif Rusdi, Jumat (23/3/2017).

Ia menyampaikan, dengan memiliki kartu nelayan bisa menjadi peserta asuransiyang menguntungkannya. Untuk itu, Pemerintah setempat berharap agar para nelayan tidak malu mencantumkan status pekerjaannya di KTP.

“Bagi nelayan yang telah tercantum profesinya sebagai nelayan di KTP, agar segera mengurus Kartu Nelayan, karena manfaatnya banyak. Salah satunya untuk mendapatkan asuransinelayan tersebut,” tuturnya.

Pemilik kartu nelayan ini nantinya akan mendapatkan santunan kalau terjadi kecelakaan laut. Ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam melindungi warga yang berprofesi sebagai nelayan.

“Program ini untuk melindungi nelayan. Makanya semua nelayan harus tercover dalam program ini,” harapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.