oleh

Tambahan Satu Pasien Positif Covid-19 di Bangkalan, 15 Pasien Masih Dirawat

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura kembali bertambah satu orang.

Berdasarkan peta sebaran terbaru di bangkalankab.go.id, Senin (11/5/2020), satu pasien positif Covid-19 terbaru berasal dari Kecamatan Kamal.

Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Syamrabu Bangkalan, dr. Catur Budi membenarkan adanya tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Kamal itu.

“Tambah satu, inisial BA asal Kecamatan Kamal,” ujarnya, Senin (11/5/2020).

Ia menerangkan, pasien terbaru BA merupakan seorang pelaut dan putra dari pasien NI yang sudah terkonfirmasi Covid-19 lebih dulu.

“Putra dari pasien NI, seorang pelaut,” katanya singkat.

Dengan demikian, total secara kumulatif terdapat 20 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan dengan 4 diantaranya telah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia, sehingga total yang masih dirawat berjumlah 15 orang.

Untuk kasus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) berjumlah delapan, ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 793 orang dan ODR (Orang Dalam Resiko) sejumlah 18.412 orang.

Satu Pasien Dipulangkan

Pasien berinisial AE (33) asal Kecamatan Arosbaya yang sudah dinyatakan sembuh pada Sabtu (9/5/2020) dipulangkan.

Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Syamrabu Bangkalan, dr. Catur Budi menjelaskan, pasien AE telah dirawat sekitar 18 hari di ruang isolasi RSUD Syamrabu dan hasil swab PCR (Polymerase Chain Reaction) terakhir menyatakan AE negatif Covid-19.

“Dinyatakan sembuh dan dipulangkan, swab evaluasi pertama dan kedua dinyatakan negatif,” katanya.

Selanjutnya, AE harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan sejak dipulangkan.

Selain AE asal Kecamatan Arosbaya, kabar baik juga berhembus dari Kecamatan Klampis. Satu pasien berinisial AT yang juga merupakan seorang dokter dari cluster TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia), dinyatakan sembuh.

Kasi Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, Siska Damayanti membenarkan kabar itu dan mengatakan AT sudah dipulangkan.

“Yang sudah sembuh pasien pelayaran (AE) asal Arosbaya dan dokter (AT) asal Klampis, dipulangkan,” terangnya.

Dengan demikian, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan yang sudah dinyatakan sembuh adalah sebanyak empat orang. Mereka berasal dari Kecamatan Klampis dua orang (Z dan AT), serta masing-masing satu orang dari Kecamatan Arosbaya (AE) dan Blega (R).(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Raudatul Fitrah
Tirto.ID
Loading...

Komentar