oleh

Tangkal ISIS ke Madura, Ini Yang Dilakukan Polres Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Kepala Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Jawa Timur, AKBP Joseph Ananta Pinora mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi terhadap pergerakan jaringan Islamic State Of Iraq (ISIS) ke wilayah kabupaten ujung timur di Pulau Madura dengan cara memberlakukan deteksi dini terhadap orang asing yang ada di Sumenep.

“Sebelum adanya informasi adanya pergerakan anggota jaringan ISIS ke Madura, kami telah memberlakukan pola deteksi dini terhadap warga baru untuk menghindari masuknya anggota ISIS,” kata Kapolres Sumenep, Senin (3/7/2017).

Menurutnya, hingga saat ini intelejen Polres belum mendapatkan orang asing yang membahayakan terhadap keselamatan warga. Kendati demikian, warga tetap dihimbau agar waspada terhadap warga asing yang mempunyai niat untuk menghancurkan keutuhan NKRI.

“Kalau memang ada tamu atau orang baru yang mencurigakan silahkan dilaporkan saja. Sesuai aturan, bagi pemilik rumah kos atau hotel melaporkan setiap tamu yang bermalam kepada pihak berwajib untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya bersama TNI dan Satpol PP akan melakukan razia secara rutin kepada sejumlah rumah penginapan dan hotel guna mengetahui penghuni yang datang. Bagi tamu hotel atau rumah kos diwajibkan memberikan identitas diri seperti KTP atau SIM.

“Tamu juga akan ditanyakan apa tujuan ke Sumenep. Kalau mereka tidak bisa menunjukkan identitas diri dan tujuan datang ke Sumenep tidak jelas, kami akan bawa orang tersebut ke Mapolres untuk dilakukan pendataan lebih lanjut,” tegasnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI memberikan informasi bahwa ada pergerakan jaringan ISIS ke 16 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, salah satunya ke Madura. Jaringan ISIS tersebut harus diwaspadai karena akan menyebarkan paham radikalisme kepada masyarakat yang kemudian akan merusak keutuhan NKRI. (Arifin/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.