oleh

Teh Spearmint, Minuman Herbal yang Ampuh Atasi Jerawat

PortalMadura.Com – Teh hijau beberapa tahun belakangan ini, sering kali disebut-sebut sebagai minuman yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Bahkan, khasiat dari minuman yang satu ini sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Tidak hanya bisa langsung dioleskan ke wajah, tapi teh hijau diyakini bisa memperbaiki kondisi kulit jika dikonsumsi secara teratur, melansir dari laman Merdeka.com, Ahad (26/7/2020).

Bukan hanya teh hijau, belakangan ini juga ada satu lagi minuman herba yang digadang-gadang sebagai obat jerawat alami nan ampuh. Spearmint (Mentha spicata) yang biasa digunakan untuk melezatkan makanan dan minuman. Sejumlah penelitian membuktikan herba ini ampuh untuk mengurangi jerawat secara signifikan jika dikonsumsi secara teratur.

iklan pilbup

Dua Cangkir Sehari untuk Kurangi Jerawat hingga 50 Persen

Menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI), spearmint telah lama digunakan untuk pengobatan herbal. Minyak esensial dan daunnya yang sudah dikeringkan biasa digunakan dalam masakan, kosmetik, dan industri farmasi. Pasalnya, spearmint memang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Spearmint disebut sebagai varietas mint yang paling ampuh untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat. Selain itu, efektif pula untuk meringankan jerawat aktif.

“Jika dikonsumsi secara teratur, satu sampai dua cangkir teh spearmint organik bisa mengurangi jerawat sebanyak 25-50 persen dan informasi ini didokumentasikan dengan baik oleh para ahli dermatologi. Juga bisa mencegah munculnya jerawat,” tutur ahli nutrisi, Nmami Agarwal.

Sembuhkan Jerawat tanpa Efek Samping

Menurut pendiri Epionce Skincare kepada Byrdie, Carl Thornfeldt, MD, “Spearmint menunjukkan aktivitas antiinflamasi terkuat dibandingkan varietas mint yang lain”.

Masih menurut Thornfeldt, penelitian pada tahun 2015 yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, membuktikan bahwa konsumsi dua cangkir teh spearmint organik setiap hari bisa mengurangi jerawat meradang hingga 25 persen dalam satu bulan. Jika konsumsi diteruskan sampai tiga bulan, jerawat bisa berkurang sampai 51 persen.

“Jika dibandingkan dengan 100 miligram minocycline yang diresepkan dan diminum sehari sekali, setelah tiga bulan penggunaan, minocycline bisa mengurangi jumlah jerawat hingga 52 persen, namun menyebabkan efek samping pada 20 persen pasien. Teh spearmint tidak menimbulkan efek samping apapun,” jelas Thornfeldt.

Baca Juga: Resep Teh Herbal untuk Atasi Sakit Kepala Akibat Stres

Spearmint Bisa Bermanfaat untuk Jerawat Hormonal pada Wanita Dewasa

Seorang ahli dermatologi yang berbasis di New York, Robert Anolik, MD, mengemukakan hal serupa kepada Well + Good.

“Secara teoritis mungkin saja teh dan atau suplemen spearmint bermanfaat buat jerawat hormonal. Studi yang dilakukan kepada para wanita menunjukkan level testosteron yang menurun signifikan selama periode 30 hari setelah minum teh spearmint dua kali sehari. Hormon yang berkaitan dengan pria ini menjadi penyebab utama jerawat bagi sebagian wanita, terutama jerawat dewasa yang muncul di sekitar garis rahang pada wanita dan memburuk pada saat menstruasi”.

Robert Segal, MD, FACC juga mengamini keterangan Anolik. Hanya saja dia menambahkan keterangan berikut, “Masalahnya, hormon adalah hal yang rumit, jadi berbeda dampaknya pada setiap orang.” Lebih lanjut dia mengatakan kalau solusi jerawat bagi setiap orang biasanya berbeda.

“Tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua orang jika berkaitan dengan jerawat,” tutup Segal.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar