Teh Spearmint, Minuman Herbal yang Ampuh Atasi Jerawat

Avatar of PortalMadura.com
Teh Spearmint, Minuman Herbal yang Ampuh Atasi Jerawat
ilustrasi (magazine.job-like.com)

PortalMadura.Com -Dalam beberapa tahun terakhir, sering disebut-sebut sebagai minuman ampuh untuk mengobati . Padahal, khasiat minuman ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian.

Tak hanya bisa dioleskan langsung ke wajah, teh hijau dipercaya bisa memperbaiki kondisi kulit jika dikonsumsi secara rutin.

Tak hanya teh hijau, lain belakangan ini diprediksi bisa menjadi obat jerawat alami yang ampuh. Spearmint (Mentha spicata) sering digunakan untuk membumbui makanan dan minuman.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ramuan ini secara signifikan dapat mengurangi jerawat jika dikonsumsi secara teratur.

Dua Cangkir Sehari untuk Kurangi Jerawat hingga 50 Persen

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI), spearmint telah lama digunakan dalam pengobatan herbal. Minyak atsiri dan daun keringnya biasanya digunakan dalam industri kuliner, kosmetik, dan farmasi. Pasalnya, spearmint memang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Spearmint dikenal sebagai varietas mint yang paling efektif untuk membunuh bakteri dan jamur . Juga, ia bekerja sangat baik untuk meringankan jerawat aktif.

“Satu hingga dua cangkir organik dapat mengurangi jerawat hingga 25-50% jika dikonsumsi secara teratur, yang didokumentasikan dengan baik oleh dokter kulit. Ini juga mencegah munculnya jerawat,” kata ahli gizi Nmami Agarwal.

Menyembuhkan Jerawat Tanpa Efek Samping

Menurut pendiri Epionce Skincare Carl Thornfeldt, MD, “Spearmint menunjukkan aktivitas anti-inflamasi terkuat dari semua varietas mint.”

Menurut Thornfeldt, sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology membuktikan bahwa minum dua cangkir teh spearmint organik sehari dapat mengurangi jerawat yang meradang hingga 25% dalam waktu sebulan. Jerawat bisa berkurang hingga 51% jika diminum terus menerus selama tiga bulan.

“Dibandingkan dengan 100 mg minocycline yang diminum sekali sehari, minocycline mengurangi jumlah jerawat hingga 52% setelah tiga bulan penggunaan, tetapi menyebabkan efek samping pada 20% pasien. Teh spearmint tidak menimbulkan efek samping,” jelas Thornfield.

Baca Juga: Resep Teh Herbal untuk Atasi Sakit Kepala Akibat Stres

Spearmint bagus untuk jerawat hormonal pada wanita dewasa

Dokter kulit yang berbasis di New York Robert Anolik, MD, mengatakan kepada Well + Good.

“Secara teoritis, teh spearmint dan/atau suplemen mungkin bermanfaat untuk jerawat hormonal. Studi yang dilakukan pada wanita menunjukkan bahwa setelah minum teh spearmint dua kali sehari, kadar testosteron turun secara signifikan dalam 30 hari. Hormon terkait pria adalah penyebab utama jerawat di Beberapa wanita, terutama wanita, mengembangkan jerawat dewasa di sekitar rahang dan memburuk saat menstruasi.”

FACC MD Robert Segal setuju dengan Anolik. Namun dia menambahkan keterangan berikut, “Masalahnya, hormon adalah hal yang kompleks, jadi setiap orang berbeda.” Lebih lanjut dia menambahkan bahwa solusi jerawat setiap orang biasanya berbeda.

“Tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua orang jika berkaitan dengan jerawat,” tutup Segal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.