oleh

Tekan Risiko Kanker Payudara dengan 4 Cara Mudah Ini

PortalMadura.Com – Kanker payudara termasuk salah satu jenis kanker mematikan, akan tetapi kanker payudara bisa disembuhkan. Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang penting agar dapat terhindar dari kanker payudara tetapi tentunya jangan lupa untuk melakukan deteksi dini.

Semakin cepat sel kanker payudara diketahui, semakin cepat pula pengobatan dilakukan, sehingga peluang kesembuhan semakin besar. Kanker payudara merupkan penyakit yang berisiko dialami oleh wanita. Walau penyakit ini juga mungkin dialami oleh pria, namun risiko penyakit ini sangat besar pada wanita.

Salah satu hal yang menjadi penyebab utama dari penyakit kanker payudara ini adalah genetik. Walau begitu, bukan tak mungkin bahwa faktor gaya hidup dapat mempengaruhi perkembangan penyakit ini. Sejumlah hal bisa menjadi penyebab terjadinya kanker payudara ini. Diketahui bahwa racun dari deodorants, kurangnya vitamin terutama vitamin D, hormon, serta masalah kesehatan lain bisa meningkatkan kanker payudara.

Untuk meningkatkan kesehatan payudara serta mencegah penyakit ini, terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan wanita. Melansir dari merdeka.com dikutip oleh Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk menekan risiko kanker payudara jadi sekecil mungkin.

Perhatikan Pola Makan
Kandungan kimia seperti paraben dan alumunium pada makanan olahan sangat mempengaruhi risiko kanker payudara. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan segar. Makanan rumahan seharusnya menjadi pilihan utama dibanding makanan cepat saji dan olahan.

Konsumsi Suplemen
Cara lain untuk menangani kesehatan payudara adalah dengan konsumsi suplemen yang tepat terutama vitamin D. Sumplemen lain yang penting dikonsumsi adalam omega-3 yang diketahui dapat menurunkan risiko kanker payudara serta kondisi tertentu seperti peradangan.

Pilih Bra yang Tepat
Pilihan bra yang tak tepat merupakan faktor risiko lain yang menyebabkan kanker payudara. Hal ini terutama dialami pada ukuran payudara yang terlalu sempit sehingga menyebabkan tidak beresnya kerja payudara.

Sering Periksa Diri Sendiri
Hal yang juga harus diketahui oleh wanita adalah dengan memeriksa secara mandiri payudara. Lakukan hal ini secara rutin untuk mengetahui risikonya. Jika tidak, Anda juga bisa memeriksakannya di dokter untuk mengetahui secara pasti.

Itulah cara yang perlu Anda ketahui dan lakukan demi menurunkan risiko kanker payudara. Pastikan untuk melakukannya agar terhindar dari masalah ini.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar