5 Cara Ini Bisa Atasi Jika Sering Mengalami Insomnia

  • Bagikan
penyebab insomnia
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidur merupakan suatu aktivitas yang harus dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh. Saat badan terasa lemas, Anda bisa mengandalkan tidur untuk membuat badan bisa segar krmbali. Namun, apa jadinya jika Anda tidak bisa tidur karena mengalami insomnia?

Insomnia menjadi permasalahan kesehatan yang banyak dialami semua orang. Gangguan masalah tidur ini ternyata bukan hanya mengalami kondisi sulit untuk memulai tidur, akan tetapi insomnia juga bisa dikategorikan dengan ketidakmampuan mempertahankan tidur, mudah bangun, dan tidur tidak nyenyak.

Untuk Anda yang sedang mengalami insomnia, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Minum susu hangat
Seperti yang kita tahu, bahwa susu mengandung triptofan yang mampu merangsang untuk tidur lebih cepat dan meningkatkan sejumlah serotonin yang berfungsi sebagai obat penenang alami. Anda juga bisa menambahkan madu atau pisang agar bisa menambah rasa serta vitamin yang ada di dalam susu.

Hindari noise saat tidur
Saat Anda tidur tentunya akan terganggu dengan suara handphone yang berdering sehingga terpaksa Anda harus selalu mengeceknya. Padahal hal penting yang harus dilakukan agar Anda bisa tidur nyenyak adalah dengan suasana yang tenang. Maka dari itu sebaiknya matikan handphone sebelum tidur untuk terhindar dari insomnia.

Berolahraga
Biasanya sulit tidur bisa disebabkan karena adanya gelisah dan pikiran yang berat. Maka dari itu Anda mencoba yoga ataupun tai chi sebelum tidur. Jika Anda rutin melakukan tai chi akan bisa membuatmu tidur 18 menit lebih cepat dari biasanya.

Mandi air panas
Orang yang menderita insomnia lalu mandi air panas sebelum tidur akan bisa mendapatkan tidur yang lebih baik. Anda bisa mencoba mandi air hangat agar bisa merasa rileks saat tidur pada malam hari.

Minum air kelapa
Air kelapa punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya air kelapa memiliki kandungan potasium dan magnesium yang bisa merelaksasikan otot saat tidur. Selain itu, air kelapa mengandung vitamin B yang bisa membantu menurunkan stres sehingga tidur bisa lebih nyenyak.

Nah, itu beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia. Semoga bermanfaat.(Vemale.Com/Nurul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.