Telat Ganti Oli Mesin? Ini 4 Bahayanya

Avatar of PortalMadura.com
Telat Ganti Oli Mesin? Ini 4 Bahayanya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting pada mobil yaitu oli. Selain berfungsi sebagai pelumas mesin, oli juga bisa menjadi pendingin, anti karat bahkan menjaga kebersihan mesin. Oleh karena itu, pemilik mobil harus mengganti oli secara rutin agar kinerjanya tetap maksimal.

Namun terkadang, pengendara lupa untuk melakukan penggantian oli sehingga oli mengalami penurunan kualitas yang bisa berdampak buruk pada mobil. Oleh karena itu, bagi pemilik mobil jangan sampai telat untuk mengganti oli karena ada beberapa bahaya yang bisa terjadi pada mobil Anda.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (28/11/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari Top1. Berikut bahaya yang terjadi pada mobil jika telat ganti oli:

Performa Mesin Menurun

Keterlambatan dalam melakukan penggantian oli tentunya berpengaruh pada performa mesin mobil. Kualitas oli yang sudah tidak layak seperti warna yang menghitam dan mengental dapat menghambat kerja mesin.

Dampaknya, suara mesin terdengar kasar dan bahkan mobil bisa jadi sulit dinyalakan.

Baca Juga: Perempuan Bersaing, Hari Pertama Pendaftar Calon Panwascam Pilkada Sumenep Membl…

Overheating

Selain pelumas, salah satu fungsi lain dari oli yaitu sebagai pendingin mesin. Apabila oli sudah tidak mampu melakukan fungsinya tersebut maka mesin akan jadi cepat panas dan berpotensi mengalami overheating.

Boros bensin

Oli mobil yang telah mengalami penurunan kualitas akan membuat mesin mengalami gesekan yang kuat dan tarikan yang semakin berat.

Akibatnya, mesin membutuhkan dorongan tenaga lebih yang berpengaruh pada konsumsi bensin yang semakin boros.

Rusaknya Komponen-komponen Mesin

Menurunnya fungsi oli yang terlambat diganti dapat menyebabkan berbagai komponen pada mesin menjadi lebih cepat rusak.

Hal tersebut dikarenakan mesin harus bekerja lebih ekstra dikarenakan fungsi oli sebagai pelumas, pendingin, anti karat dan lain sebagainya telah menurun.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.