Telinga Anda Gatal? Kemungkinan Ini 5 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.Com
Telinga Anda Gatal? Kemungkinan Ini 5 Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Telinga merupakan salah satu indra yang berfungsi untuk mendengarkan suara atau bunyi-bunyian. Organ ini dipenuhi serat-serat neuron yang sensitif, sehingga sesekali merasakan gatal dan hal itu wajar terjadi.

Namun, jika rasa gatal itu sering terjadi pada telinga Anda, bisa jadi itu merupakan tanda dari gangguan kesehatan yang Anda alami. Sehingga Anda perlu tahu apa penyebabnya. Lantas apa saja penyebabnya?

Ini penjelasnnya:

Infeksi Bakteri Setelah Berenang
Saat berenang, kadang telinga tidak sengaja kemasukan air. Air yang masuk dalam saluran telinga dapat menyebabkan infeksi. Ini karena kondisi telinga akan lembap yang bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri. Jangan lupa keringkan telinga setelah berenang agar kondisinya tetap kering.

Kotoran Telinga
Kotoran telinga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Sering membersihkan telinga dapat menyebabkan infeksi, gatal, sakit telinga, bahkan menurunkan sistem imun tubuh. Jadi jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena sebenarnya kotoran telinga berfungsi melindungi tubuh dari kuman yang masuk.

Penggunaan Headset dan Alat Lainnya
Penggunaan alat bantu dengar seperti headset dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan rasa gatal. Ini terjadi kemungkinan karena adanya alergi terhadap plastik. Selain itu, tekanan yang diberikan oleh bentuk headset tertentu yang tidak pas juga bisa menimbulkan rasa sakit pada telinga.

Penyakit Kulit
Masalah kulit seperti eksema, psoriasis, atau dermatitis seboroik dan kekeringan dapat menyebabkan . Kekeringan telinga dapat diobati dengan minyak zaitun. Sedangkan eksim dan psoriasis biasanya diobati dengan steroid.

Alergi debu
Beberapa hal seperti debu dan serbuk sari tumbuhan dapat menyebabkan telinga gatal. Ini karena masuknya partikel-partikel tersebut ke telinga melalui udara. Ini juga dikenal dengan sindrom alergi oral.

Demikian berbagai kemungkinan penyebab rasa gatal di telinga. Untuk mencegah gangguan kesehatan ringan ini pastikan untuk menjaga kebersihan telinga setiap saat. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.