Tembelekan, Tanaman Herbal Atasi TBC

Avatar of PortalMadura.Com
Tembelekan, Tanaman Herbal Atasi TBC
Ist.Net

PortalMadura.Com – Tembelekan atau mangas (Madura) adalah tumbuhan liar yang tumbuh di tempat-tempat tandus. Daun berbentuk bulat telur, ujungnya meruncing, pinggir bergerigi, tulang daun menyirip, permukaan atas daun berambut banyak terasa kasar, sedangkan bagian bawah daun berambut jarang, serta daunnya berbau harum.

Bunganya berwarna putih, merah muda, jingga, dan kuning. Tanaman ini terkadang dipakai sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Selain itu, tanaman ini bisa juga digunakan sebagai obat herbal.

Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini seperti lantadene A, lantadene B, humulene sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya untuk mengatasi penyakit TBC. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, akar, dan bunga. Berikut ini tata cara membuat ramuan dari tanaman tembelekan.

Cara Pertama: Cucilah dengan bersih 9 gram bunga kering, lalu rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 2/3 gelas.

Cara Kedua: Ambillah 6 – 10 gram akar kering, lalu rebus bahan dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari masing- masing 2/3 gelas.
(baitulherbal/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.