Tentukan Awal Puasa, Kemenag Pamekasan Lakukan Rukyatul Hilal Sore Ini

Avatar of PortalMadura.com
Tentukan Awal Puasa, Kemenag Pamekasan Lakukan Rukyatul Hilal Sore Ini
dok. Kantor Kemenag Pamekasan

PortalMadura.Com, – Badan Hisab dan Rukyah (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan melakukan (melihat bulan, red) untuk menentukan Ramadan 1439 H di Pantai Ambat Kecamatan Tlanakan, Selasa (15/5/2018) sore.

Ketua BHR , Ilyasak mengatakan, secara pendekatan ilmu astronomi atau ilmu falaq, hari ini tanggal 15 Mei 2018 adalah tanggal 29 Sya'ban 1439 H. Dengan demikian, tanggal 1 Ramadan akan jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei.

“Berdasarkan teori, sekarang posisi bulan masih di bawah ufuk. Karena bulan itu terbenam lebih dahulu dari matahari, akhirnya hilal belum lahir, artinya belum terbit. Sehingga dilengkapi bulan Sya'ban menjadi 30 hari, jadi bulan Ramadan pada hari Kamis 17 Mei, ini secara ilmu hisab,” terangnya kepada PortalMadura.Com.

Dikatakan Ilyasak, untuk kepastian awal puasa tahun 2018 masih menunggu keputusan sidang isbat atau ketetapan pemerintah yang akan dilakukan Kemenag RI, Selasa (15/5/2018) malam. Sidang isbat itu berdasarkan laporan dari hasil Rukyatul Hilal di setiap daerah.

“Rukyatul Hilal akan dilakukan bersama dengan semua ormas Islam di Pamekasan dan dari Kemenag. Kami berharap kepada masyarakat agar menjaga kebersamaan menyambut Ramadan,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.