Terapi Air Putih Bisa Melembapkan Kulit, Begini Cara Aplikasikannya

Avatar of PortalMadura.com
Terapi Air Putih Bisa Melembapkan Kulit, Begini Cara Aplikasikannya
Ilustrasi (inthebox.id)

PortalMadura.Com – Pada umumnya orang mengetahui kalau minum bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Tapi, ternyata tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, minum air putih juga memberi khasiat bagi kulit. Hal ini biasanya disebut sebagai .

Lantas, benarkah terapi air putih bisa menjaga kelembapan kulit?. Untuk mengetahui jawabannya mari simak penjelasan berikut ini:

Perlu Anda ketahui, hampir 75 persen dari tubuh adalah air. Setiap berkurangnya kadar air di tubuh akan memengaruhi organ-organ Anda, termasuk kulit, yang merupakan lapisan yang menutupi seluruh tubuh.

Jika kulit tidak mendapat cukup air, kulit akan menjadi kering dan bersisik. Kulit kering lebih rentan mengalami garis-garis halus di wajah atau kerutan.

Sementara, setiap hari Anda kehilangan cairan tubuh dalam bentuk keringat dan air kencing. Jadi, Anda perlu mengisi kembali cairan tubuh untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Menurut Julius Few, M.D., seorang direktur The Few Institute dan dosen klinik operasi plastik di Universitas Chicago, berbagai struktur kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif. Ketika kulit terhidrasi, padat, dan elastis, ini akan mengurangi masuknya partikel-partikel asing yang dapat menyebabkan iritasi dan flek hitam.

Selain itu, air juga penting untuk menjaga kelembapan kulit secara optimal dan memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit. Air mencukupi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga dapat menunda tanda-tanda penuaan kulit, keriput dan garis-garis halus.

Minum cukup air juga dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim. Air juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda memiliki kulit yang sehat dan bersinar.

Cara Melakukan Terapi Air Putih

1. Minum setidaknya empat hingga enam gelas tepat setelah Anda bangun di pagi hari. Kurang lebih 160-200 ml air dalam setiap gelas. Lakukan ini saat perut kosong. Air harus pada suhu kamar atau suam-suam kuku. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya.

2. Gosok gigi Anda setelah Anda minum air. Jangan makan apa pun selama 45 menit berikutnya. Setelah itu, lanjutkan dengan rutinitas harian Anda. Selama 45 menit tersebut, Anda dapat melakukan aktivitas fisik ringan, seperti jogging atau yoga.

3. Beri jarak waktu dua jam antara setiap waktu makan Anda. Selama dua jam tersebut, hindari minum dan makan apapun. Misalnya, setelah 15 menit sarapan, makan siang, dan makan malam, jangan makan atau minum apapun selama dua jam berikutnya.

4. Jika Anda tidak dapat minum empat hingga enam gelas sekaligus, istirahatlah selama beberapa menit di antara setiap minum segelas air.

Tips Lain untuk Menjaga Kelembapan Kulit
Selain dengan minum air putih yang cukup, ada beberapa cara untuk menjaga kelembapan kulit Anda, yaitu dengan mengoleskan krim pelembap dua menit setelah mandi. Kulit masih sensitif terhadap produk yang dipakai setelah mandi, sehingga memungkinkan penyerapan yang lebih baik.

Pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan yang mampu menghidrasi kulit dengan baik, misalnya, minyak kedelai dan minyak alpukat. Kedua minyak alami ini berguna untuk menjaga kulit Anda dari kekeringan.

Baca Juga : 3 Minuman Ini Paling Sehat Diminum Setiap Hari

Minyak alami ini mengandung pelembut kulit alami seperti asam linoleat. Ini membantu kulit untuk menjebak kelembapan, menjaga air yang sangat dibutuhkan kulit untuk mempertahankan kelembutan dan hidrasi.

Selain bahan alami tersebut, Anda juga dapat memilih pelembap yang mengandung urea dan lauromacrogol. Urea bermanfaat dalam melembapkan kulit karena bersifat menghalangi keluarnya air dan melindungi terhadap bakteri. Sedangkan lauromacrogol bersifat anestesi lokal yang melindungi kulit dari sensasi tidak nyaman akibat kulit yang kering.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.