oleh

Terapi Pengobatan Tradisional, Berikut 5 Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Bekam merupakan terapi pengobatan tradisional di beberapa bagian dunia, termasuk Cina dan Timur Tengah. Bekam juga dapat ditemukan di Indonesia. Di Indonesia, bekam sering dijadikan sebagai alternatif pengobatan bagi orang-orang yang tidak ingin menjalani pengobatan secara medis. Tidak hanya orang yang memiliki riwayat penyakit saja, bekam juga biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang ingin mendapatkan badan yang lebih segar dan bugar. Pengobatan ini sudah ada selama ribuan tahun lalu dan katanya efektif untuk meringankan rasa sakit serta nyeri otot.

Anda bisa melakukan pengobatan alternatif ini di bagian tubuh mana pun yang terasa sakit. Biasanya, terapis akan meminta para pasien untuk berpuasa atau hanya makan ringan saja selama dua hingga tiga jam sebelum sesi bekam dilakukan. Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan manfaat dari terapi bekam itu sendiri.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Jumat (29/5/2020) berikut manfaat bekam untuk kesehatan

Memperbaiki Sistem Tubuh
Bekam bisa memperbaiki sistem tubuh yang mengalami keluhan atau gangguan. Hal ini salah satunya karena bekam melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Bekam bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan aktivitas saraf tulang belakang.

Membuang Racun, Angin, dan Kolesterol
Bekam bisa untuk membuang racun, angin dan kolesterol berkumpul di darah pada lapisan kulit yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin, dan kolesterol akan ditarik ke luar dengan cara menyedot darah kotor sehingga darah menjadi bersih.

Meredakan Nyeri dan Keluhan
Manfaat bekam lainnya adalah bekam bisa untuk meredakan berbagai jenis nyeri dan keluhan. Terapi bekam bisa meredakan nyeri dan rasa sakit pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga encok. Selain itu beberapa keluhan seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan melakukan terapi bekam.

Mengatasi Kelelahan
Jika seseorang mengalami kelelahan, biasanya orang tersebut akan melakukan pijat untuk menghilangkan rasa lelah di badannya. Namun, selain pijatan, ternyata bekam bisa mengatasi kelelahan. Kelelahan yang diakibatkan oleh syaraf-syaraf yang kaku akan diredakan dengan terapi bekam. Tentunya dibarengi dengan pola istirahat yang cukup.

Melancarkan Peredaran Darah
Bekam bisa membuat peredaran darah menjadi lancar. Hal ini karena terapi bekam menggunakan penyedotan darah kotor yang memiliki dampak pada peningkatan aliran darah sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat. Darah yang tersumbat pun menjadi lancar.(*)

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar