oleh

5 Cara Terapkan Pola Hidup Hemat Pada Anak

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya dapat bertumbuh dengan baik dan memiliki sifat positif di dalam diri mereka. Hal ini tentu saja sangat beralasan karena pada dasarnya kepribadian seseorang akan tertempa sedemikian rupa sejak orang tersebut masih anak-anak. Banyak sifat yang pada akhirnya akan menjadi sifat bawaan yang dimiliki hingga kelak dewasa nanti. Salah satu hal yang paling sering diterapkan oleh para orang tua terhadap anak-anaknya adalah cara hidup hemat.

Pola hidup hemat merupakan kebiasaan yang membutuhkan waktu untuk membangunnya. Bahkan, beberapa orang dewasa pun belum menguasainya. Anda pun bisa memulai mengajarkan pada anak-anak sejak dini. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mulai mengajarkan kepada anak-anak tentang menabung dan melakukan penghematan.

Berikut beberapa cara mengajarkan anak hidup hemat yang dilasnir dari laman Portalinvestasi.com, Jumat (29/5/2020)

Diskusikan Antara Keinginan dan Kebutuhan
Langkah pertama cara mengajarkan anak hidup hemat adalah dengan dengan membantu mereka membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jelaskan bahwa kebutuhan mencakup hal mendasar, seperti makanan, tempat tinggal dan pakaian, sedangkan keinginan adalah semua tambahannya.

Bantu Anak Untuk Menetapkan Tujuan Menabung
Bantulah anak-anak Anda untuk menemukan tujuan mereka menabung sehingga lebih termotivasi untuk melakukannya. Jika mereka sudah mengetahui apa tujuan dari menabung, bantulah untuk merincikan sasaran tersebut menjadi beberapa bagian yang mudah dikelola.

Izinkan Anak Anda mengelola Uang Mereka Sendiri
Seringkali kita hanya memberikan uang saku kepada anak-anak setiap hari. Coba lakukan hal yang berbeda. Biarkan mereka mengelola uangnya sendiri dengan memberikan uang untuk 1 minggu. Jika anak Anda ingin menjadi penabung, mereka harus belajar bagaimana mengatur uang tersebut selama 1 minggu. Jika Anda menawarkan untuk memberikan hadiah atas imbalan tugas, mereka juga akan belajar bagaimana bekerja keras.

Mendorong Anak Untuk Melacak Pengeluarannya
Bagian penting untuk menjadi seorang yang hemat adalah dengan mengetahui kemana saja uang Anda keluar. Ini juga bisa diterapkan pada anak-anak Anda. Jika mereka mendapatkan uang saku, mintalah mereka untuk menuliskan semua pembeliannya setiap hari sehingga menjadi pengalaman langsung bagi mereka. Dorong mereka untuk memikirkan bagaimana menghemat pengeluaran dan seberapa cepat mereka bisa mencapai tujuan menabung dengan mengubah pola pengeluaran mereka.

Berikan Anak Celengan Untuk Menyimpan Uang
Cara mengajarkan anak hidup hemat selanjutnya adalah dengan memberikan tempat khusus bagi mereka untuk menabung. Dengan cara ini, anak-anak akan melihat secara langsung bagaimana uang mereka bisa berkembang dan bertambah. Serta mengetahui seberapa dekat mereka dengan tujuan mereka dalam menabung tersebut.(*)

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Portalinvestasi.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar