Ternyata Ada 4 Bahaya Kesehatan di Balik Bau Badan, Jangan Sepelekan!

Avatar of PortalMadura.com
Ternyata Ada 4 Bahaya Kesehatan di Balik Bau Badan, Jangan Sepelekan!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang memiliki dengan ciri khas masing-masing. Biasanya, hal ini muncul saat keringat bercampur dengan bakteri atau pun makanan yang dikonsumsi juga bisa berpengaruh.

Perlu Anda ketahui, selain fakta tersebut, ada hal lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Pasalnya, bau badan seseorang bisa menentukan kondisi kesehatannya. Benarkah itu?.

Menurut sebuah penelitian di Swedia, ada sejumlah penyakit yang bisa dideteksi dari bau badan. Ini dia penjelasannya:

Bau Seperti Buah
Bau badan yang menyerupai buah ternyata menjadi gejala dari penyakit diabetes, khususnya diabetes ketoacidosis. Jenis diabetes ini terjadi saat tubuh kekurangan insulin dan gula darah melonjak naik.

Akibatnya tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik, termasuk memecah asam lemak. Asam lemak yang disebut ketones pun menumpuk dalam darah. Salah satu jenis asam yang disebut aseton akan meninggalkan jejak bau atau aroma seperti buah.

Bau Seperti Kaki
Bau badan seperti kaki ternyata memang terjadi saat kulit kaki Anda berjamur dan gatal hingga kemudian kulit kaki jadi lecet dan mengeluarkan bau busuk. Baunya pun menguar hingga menjadi bau badan.

Bau seperti Kotoran
Intoleransi laktosa ternyata bisa mengubah aroma keringat jadi berbau seperti kotoran. Sebab, ketika usus kecil tidak menghasilkan cukup enzim yang disebut laktase untuk mencerna laktosa di dalam produk susu, usus kecil akan mengarahkan laktosa langsung ke usus besar Anda.

Bukan ke aliran darah, di mana bakteri usus memfermentasinya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan keringat bau busuk.

Bau seperti Urin
Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) ternyata bisa membuat keringat jadi berbau urin. Penyakit ISK sendiri disebabkan karena bakteri E.coli masuk ke saluran kemih dan uretra Anda.

Baca: Konsumsi Jus Sayur dan Buah Ini untuk Hilangkan Bau Badan

Ternyata aroma tubuh tertentu bisa menjadi indikator awal dari munculnya sebuah penyakit. Oleh karena itu, jangan sepelekan bau badan Anda yang kemungkinan aromanya cukup mengganggu sebab siapa tahu ada suatu penyakit yang menyerang tubuh Anda diam-diam. (Merdeka.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.