oleh

Ternyata Ini Penyebab Banjir di Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengurai masalah banjir yang terjadi di wilayah itu dalam beberapa minggu terakhir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pamekasan, Ibnu Hajar mengungkapkan, penyebab utama terjadinya banjir lantaran drainase yang bermasalah. Yaitu, adanya sumbatan di drainase yang mengakibatkan aliran air tidak lancar, kemudian masalah kedua adalah debit air yang cukup besar tidak sesuai dengan drainase yang ada sehingga air meluap.

Baca Juga: Polres Sumenep Gerebek Gudang Beras

“Rata-rata masalahnya setiap turun hujan adalah drainase yang kurang sempurna, sehingga air meluap dan terjadi genangan. Selain adanya sumbatan itu, drainase tidak cukup menampung debit air,” terangnya, Kamis (27/2/2020).

Sejauh ini, kata dia, daerah yang terdampak banjir adalah Kecamatan Pademawu yang meliputi Desa Lemper dan Desa Sumedangan. Kemudian Kecamatan Kota Pamekasan meliputi Kelurahan Patemon, Parteker, Jungcangcang, Kladak Anyar, dan Kelurahan Baru Rambat Kota. Desa Laden dan Desa Teja Timur.

“Yang rutin terjadi banjir itu Kecamatan Pademawu dan Kota, kami berharap kepada masyarakat agar senantiasa waspada. Mengamankan barang-barang berharganya ketika hujan dan lain-lain,” pintanya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar