Tertinggi di Madura, Unija Sumenep Masuk 30 Besar Universitas di Jatim

Avatar of PortalMadura.Com
Tertinggi di Madura, Unija Sumenep Masuk 30 Besar Universitas di Jatim
Ist. Unija Sumenep

PortalMadura.Com, () Kabupaten Sumenep, Madura, masuk peringkat 28 kategori universitas di lingkungan Kopertis Wilayah VII, Jawa Timur.

Peringkat tersebut naik dari dua tahun sebelumnya. Pada tahun 2014 peringkat Unija hanya berada di urutan 57. Peringkat itu naik lagi pada tahun 2015 ke urutan 46. Paling drastis kenaikannya pada tahun 2016 menjadi 28.

Rektor Univeritas Wiraraja Sumenep, Alwiyah menjelaskan, untuk kategori perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Unija menempati urutan ke-38.

“Peringkat tersebut naik drastis dari yang sebelumnya tahun 2015 hanya berapa di urutan 143, dan di urutan 193 pada tahun 2014,” terangnya, Rabu (1/6/2016).

Menurutnya, pemberian peringkat tersebut dipublikasikan oleh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur dalam buku panduan yang terbit awal tahun 2016, dan tertuang dalam SK Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Nomor: 063/ K7/ KL/ 2016 tentang “Penetapan PTS Penerima Anugerah Kampus Unggul PTS di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur tahun 2016”.

Di Madura, Universitas Wiraraja menempati urutan pertama dari seluruh perguruan tinggi yang ada, baik untuk universitas maupun sekolah tinggi swasta.

“Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh keluarga besar dan civitas akademika Unija, mulai dari mahasiswa, alumni, orang tua mahasiswa, dosen, karyawan, hingga yayasan,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga dan masyarakat Sumenep, juga Madura dan Jawa Timur secara umum, atas kepercayaan dan prestasi yang telah diraih oleh Universitas Wiraraja.

“Sebab apapun yang kami raih, itu merupakan sumbangsih seluruh pihak, termasuk masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada Wiraraja untuk menguliahkan putera-puterinya di sini,” ujarnya.

Rektor cantik ini mengungkapkan, prestasi itu sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga besar Unija untuk memberikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat Madura.

Prestasi yang diraih Unija sepertinya bukan hal aneh dan muncul tiba-tiba. Banyak kalangan yang datang ke kampus Unija merasa senang ada perguruan tinggi swasta yang terlihat maju dan berkembang pada seluruh aspek. Baik dari jumlah mahasiswa, fasilitas, dosen, infrastruktur dan sarana prasarana.

Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof. Dr. Mansyur Ramly, menyatakan jika Unija akan semakin maju lagi di masa mendatang.

“Saya mencium aroma dari Universitas Wiraraja akan menjadi universitas yang ke depannya bisa menjadi barometer pendidikan tinggi di Jawa Timur,” ujar Prof Mansur saat menghadiri Seminar Nasional dengan tema “Peningkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Melalui Evaluasi Mutu Internal dan Eksternal” di Universitas Wiraraja beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Prof. Mansyur Ramly mengatakan, bahwa mutu dari suatu perguruan tinggi saat ini sudah tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi swasta dan negeri, karena memiliki standart yang sama, yang membedakan adalah mutu atau kualitas dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Hal senada disampaikan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Prof Ali Maksum. Menurutnya, Unija seharusnya mendapat nilai lebih lagi dari yang selama ini diperoleh. Hal ini memungkinkan terjadi karena prasyarat untuk itu sudah sangat mendukung.

“Mestinya akreditasi Universitas Wiraraja Sumenep sudah B karena dari seluruh fasilitas dan sarana prasarana serta lainnya yang ada di Universitas Wiraraja telah masuk kriteria kampus berakreditasi B,” katanya, usai menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan kinerja dosen yang dilakukan oleh Universitas Wiraraja, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan, setelah melakukan sosialisasi kinerja dosen, Prof Ali Maksum yakin bahwa Universitas Wiraraja akan semakin berkembang dengan peningkatan akreditasi dan dengan adanya dosen yang memiliki kontribusi besar pada Wiraraja.

Prof Ali Maksum memastikan, seandainya Universitas Wiraraja sudah memiliki lahan seluas 30 hektar, maka bisa segera menjadi perguruan tinggi negeri.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.