Terungkap Makna Dibalik Warna-Warni Perahu Madura

Penulis: HartonoEditor: Hartono
Terungkap Makna Dibalik Warna-Warni Perahu Madura
Perahu Madura ditambatkan di Pantai Camplong, Sampang, Madura (dok.mancingjepang)

PortalMadura.Com, – Seorang pelukis terkenal asal Belanda Jan Poortenaar sempat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada tahun 1925.

Dalam buku catatan perjalanan Jan Poortenaar menggambarkan rupa yang menjadi perhatian dirinya. Dikutip PortalMadura.Com, Senin (17/10/2022) dari sumeneptempodulu.or.id.

Di mana-mana di sepanjang pinggir pantai, perahu bersayap tipis tergeletak seperti makhluk laut terdampar. Orang-orang Madura suka menghiasi perahunya dengan ukiran dan cat warna-warni. Warna hitam dipadu padankan dengan warna putih dan vermilion, kontras dengan warna biru dan hijau yang dipernis“.

Sedangkan hasil penelitian Sulaiman BA, terkait bentuk perahu yang ada di disebutkan, warna-warni yang melekat pada badan perahu dikenal dengan istilah Les-Lesan atau Andangan.

Andangan berasal dari kata dasar Andang yang berarti pelangi.

Warna-warni itu disusun membentuk pita garis merupakan ciri khas utama dari perahu-perahu warga Madura. Pada jaman lampau, Andangan ini merupakan garis-garis pakem yang tabu untuk diubah. Dijelaskan dalam buku Perahu Madura, terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI 1981/1982.

Umumnya, warna perahu warga Madura adalah cerah. Seperti, hitam, merah, putih, kuning, coklat, hijau dan biru. Rona itu dipakai dan disusun secara berurutan sesuai dengan kebiasaan yang ada di lingkungannya.

Warga pesisir utara, memakai warna hitam, putih, merah, kuning, hijau dan merah. Warga pesisir selatan, Andangan diwarnai hitam, kuning, hijau dan merah.

Apa makna yang tersebunyi dibalik warna-warni perahu orang Madura?. Warna-warna pada Andangan itu dipercaya memiliki daya magis. Dan bagian Andangan perahu juga dijadikan sebagai alat ukur muatan.

Garis-garis yang menyerupai pelangi itu sering dijadikan patokan seberapa banyak muatan yang boleh diangkut. Bagian itu sering dilakukan perbaikan untuk menjaga keselamatan perahunya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.