oleh

Tidak Seasam Rasanya, Asam Jawa Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Asam jawa atau tamarind merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari India. Pohon asam jawa ini menghasilkan buah yang bisa dimakan dan sering kali digunakan sebagai bahan masakan dan racikan minuman di seluruh dunia.

Tidak hanya enak dijadikan bahan sayur atau jamu, ternyata manfaat asam jawa dapat mendukung kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (6/5/2021), berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asam jawa sangat baik dalam meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung polifenol, seperti flavonoid.

Mengatasi Sembelit

Asam jawa diduga mengandung berbagai zat yang memiliki efek pencahar (laksatif), serta melawan jamur dan bakteri tertentu.

Mengobati Mata Kering

Ekstrak biji asam jawa diduga dapat digunakan sebagai obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. Asam jawa mengandung bahan kimia yang mirip dengan mucin pada mata. Mucin adalah protein yang melapisi permukaan bola mata dan berfungsi melindungi dan membasahi permukaan kornea mata.

Menurunkan Tekanan Darah

Asam jawa diyakini dapat menurunkan tekanan darah, serta memiliki efek antiradang dan antidiabetes. Hal itu dikarenakan asam jawa memiliki kandungan magnesium yang tinggi.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar