8 Fungsi Orang Tua dalam Sebuah Keluarga

Avatar of PortalMadura.com
8 Fungsi Orang Tua dalam Sebuah Keluarga
Ilustrasi (idntimes.com)

PortalMadura.Com – Keluarga merupakan unit terkecil dalam lingkungan masyarakat, tempat bagi seluruh anggota keluarga mendapatkan berbagai hal positif. Dalam sebuah keluarga, orang tua memiliki peran yang sangat penting termasuk dalam hal pengambilan keputusan. Fungsi orang tua tidak hanya mencari uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Ada fungsi-fungsi lain yang harus dilaksanakan demi menjaga keutuhan rumah tangga dan tentunya agar setiap anggota keluarga dapat diterima di lingkungan masyarakatnya. Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (6/5/2021) berikut fungsi orang tua dalam sebuah keluarga yang harus dipahami:

Fungsi Keagamaan

Keluarga adalah tempat bagi anak untuk mendapatkan identitas keagamaannya. Sebagai orang tua harus dapat mengajarkan pada anak tentang keberadaan Sang Pencipta serta nilai-nilai yang diajarkan-Nya. Nilai-nilai keagamaan ini harus mulai diberikan, diajarkan, dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari anak di lingkungan keluarga sedini mungkin, agar anak menjadi lebih terbiasa dalam menerapkannya.

Seorang anak juga akan mempunya fondasi keimanan kepada Sang Pecipta. Fondasi inilah yang bisa membangun anak untuk terbiasa memiliki sikap menghargai antar umat beragama, sehingga dapat tercipta kehidupan sosial yang rukun dan harmonis.

Fungsi Sosial Budaya

Seorang anak yang hidup di Indonesia kaya akan keberagaman sosial budayanya. Anak juga perlu memahami berbagai aturan sosial dan kebudayaan yang berlaku, sebagai panduan bagaimana anak harus berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain di lingkungannya.

Anda juga perlu menanamkan etika, sopan santun, dan budi pekerti pada anak sejak dini, sehingga anak dapat memahami betul norma-norma yang berlaku, cara bersosialisasi, cara menghargai orang lain, serta bagaimana melestarikan kebudaannya.

Sebagai orang tua juga harus menumbuhkan rasa cinta kasih pada semua anggota keluarga. Banyak anak-anak yang terjerumus dalam tindakan negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, kecanduan alkohol, karena merasa tidak mendapatkan perhatian dan cinta kasih dari orang tuanya.

Kebutuhan cinta kasih ini seharusnya dipenuhi orang tua ketika anak masih berada dalam kandungan. Berikan perhatian, sentuhan fisik, dan pemberian motivasi dapat menjadi bentuk adanya cinta kasih dalam keluarga.

Fungsi Perlindungan dan Kenyamanan

Seorang anak sangat membutuhkan perasaan aman dan nyaman ketika berada di rumah. Sikap yang saling melindungi perlu dijalankan dalam setiap kondisi dan situasi. Orang tua harus memastikan bahwa anak maupun anggota keluarga lainnya tidak mendapatkan perilaku diskriminatif, kekerasan, dan pemaksaan kehendak.

Perasaan cemas, takut, dan tertutup yang ada pada anak dapat disebabkan karena anak merasa belum mendapatkan rasa aman dan nyaman dari orang tua.

Sebagai orang tua memang harus mencukupi berbagai kebutuhan setiap anggota keluarganya dengan mencari sumber pemasukan. Tabungan masa depan juga menjadi perhatian orang tua untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih baik seperti membeli rumah yang layak, pendidikan anak, atau untuk rekreasi.

Anda juga bisa mengajarkan anak cara menabung sejak dini agar anak bisa belajar terbiasa berhemat dan mengumpulkan uangnya sendiri untuk kebutuhan dan keinginannya di kemudian hari.

Selain sekolah, Keluarga juga merupakan tempat utama bagi anak untuk memperoleh ilmu pengetahuan, pendidikan, komunikasi, yang bersifat mendidik secara akademik dan non akademik yang harus dilakukan dengan intens.

Membiasakan berkomunikasi yang positif bersama anak, membuat anak menjadi lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Fungsi Lingkungan

Mengenalkan lingkungan pada anak dengan cara membacakan cerita atau dongeng, atau juga menonton film yang bertemakan tentang lingkungan, alam, dan binatang.

Selain itu, ajak anak praktikan di dunia nyata dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tempat minum sendiri, serta membawa bekal makan untuk makan siang saat di sekolah atau berwisata.

Keluarga juga merupakan jalan untuk memperoleh keturunan. Setiap orang tua tentunya menginginkan seorang anak yang melanjutkan keturunannya sebagai generasi penerus bangsa.

Fungsi reproduksi ini, orang tua tidak akan kehilangan momen mengandung, melahirkan, menyusui, membesarkan, dan merawat anak hingga memiliki sikap mandiri dan menentukan keputusannya sendiri.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.