oleh

Tidak Sekedar Indah, Bunga Tulip Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Ada berbagai jenis bunga tulip, yaitu bunga tulip yang berwarna kuning, merah muda, dan ungu. Bunga ini termasuk dalam edible flower (bisa dimakan) dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh atau sebagai hiasan makanan.

Bunga tulip mengandung minyak esensial serta berbagai senyawa bioaktif yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang kuat yang baik untuk tubuh Anda.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (3/1/2021), berikut manfaat bunga tulip untuk kesehatan Anda:

Mampu Redakan Stres

Bungan tulip mengandung limonene dan linalool yang mampu mengharumkan udara dalam ruangan. Aroma minyak esensial bunga tulip diketahui dapat memengaruhi sistem saraf dan merilekskan penghirupnya. Hal ini dapat memengaruhi tingkat kecemasan, stres, bahkan depresi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Minyak esensial bunga tulip sering digunakan sebagai terapi untuk mengurangi risiko gangguan tidur, membuat tidur lebih nyenyak dan lama, bahkan mengatasi insomnia. Hal ini tentunya akan mendukung peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menangkal Radikal Bebas

Kadar antioksidan dalam bunga tulip yang cukup tinggi bisa menangkal efek radikal bebas berlebih yang berpotensi merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini kulit, diabetes, hingga penyakit jantung.

Melawan Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Ekstrak bunga tulip kuning dan tulip merah gelap berpotensi menjadi obat kanker payudara. Senyawa bioaktif tulip dengan sifat sitotoksiknya dapat membunuh sekaligus menghambat penyebaran sel kanker payudara secara signifikan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar