oleh

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Sejak Dini

PortalMadura.Com – Ketika anak beranjak remaja, ia kan mengalami banyak hal terkait perekmbangan seksualitasnya, seperti pubertas dan ketertarikan pada lawan jenis. Itulah beberapa alasan mengapa pendidikan seks ini sebaiknya tidak anak lewatkan sebelum mereka memasuki usia remaja.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (1/3/2021), berikut pentingnya pendidikan seks untuk anak yang penting untuk diajarkan sejak dini:

Persiapkan Mereka Untuk Menghadapi Pubertas

Ketika anak mencapai usia 8-10 tahun, orangtua perlu memulai diskusi mengenai pubertas, khususnya berhubungan dengan perubahan yang anak alami, juga kebersihan dan perawatan diri.

Penggunaan Media Sosial Seputar Seksualitas

Ada banyak pengaruh negatif internet bagi pendidikan seksual anak ketika mereka tidak menggunakannya dengan baik. Mengatasi ini, orang tua perlu mendisusikan keamaan selama anak menjelajahi dunia digital.

Jelaskan Mengenai Fungsi Organ Reproduksi

Semakin bertambahnya usia, anak-anak perlu semakin mengenal setiap anggota tubuhnya dengan baik, termasuk fungsi organ reproduksi yang mereka miliki. Orang tua perlu menjelaskan fungsi organ reproduksi anak secara sederhana menggunakan bahasa yang ringan dan lugas.

Kekerasan Seksual yang Mengancam

Ketika memberikan pendidikan seks pada anak-anakmu, Anda perlu menyelipkan pembicaraan mengenai kekerasan seksual. Penting bagi anak untuk mengetahui kenyataan adanya kekerasan seksual guna menjaga mereka atau membantu teman-temannya yang mengalami hal tersebut.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar