Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Sejak Dini
Ilustrasi (infosurabaya.id)

PortalMadura.Com – Ketika anak beranjak remaja, ia kan mengalami banyak hal terkait perekmbangan seksualitasnya, seperti pubertas dan ketertarikan pada lawan jenis. Itulah beberapa alasan mengapa ini sebaiknya tidak anak lewatkan sebelum mereka memasuki usia remaja.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (1/3/2021), berikut pentingnya pendidikan seks untuk anak yang penting untuk diajarkan sejak dini:

Persiapkan Mereka Untuk Menghadapi Pubertas

Ketika anak mencapai usia 8-10 tahun, orangtua perlu memulai diskusi mengenai pubertas, khususnya berhubungan dengan perubahan yang anak alami, juga kebersihan dan perawatan diri.

Penggunaan Media Sosial Seputar

Ada banyak pengaruh negatif internet bagi pendidikan seksual anak ketika mereka tidak menggunakannya dengan baik. Mengatasi ini, orang tua perlu mendisusikan keamaan selama anak menjelajahi dunia digital.

Jelaskan Mengenai Fungsi Organ Reproduksi

Semakin bertambahnya usia, anak-anak perlu semakin mengenal setiap anggota tubuhnya dengan baik, termasuk fungsi organ reproduksi yang mereka miliki. Orang tua perlu menjelaskan fungsi organ reproduksi anak secara sederhana menggunakan bahasa yang ringan dan lugas.

Kekerasan Seksual yang Mengancam

Ketika memberikan pendidikan seks pada anak-anakmu, Anda perlu menyelipkan pembicaraan mengenai kekerasan seksual. Penting bagi anak untuk mengetahui kenyataan adanya kekerasan seksual guna menjaga mereka atau membantu teman-temannya yang mengalami hal tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.