oleh

Tingkatkan Kualitas Mendongeng, Dosen Unija Latih Guru SDN Kalebengan III

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengetahuan dan kemampuan tenaga pendidik dalam menyampaikan materi dongeng pada siswa menjadi perhatian dua orang dosen Universitas Wiraraja (Unija), Sumenep, Jawa Timur.

Kedua dosen itu, Kadarisman, M.Pd dan Tita Tanjung Sari, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unija melakukan pengabdian kepada masyarakat di SDN Kalebengan III, Kecamatan Rubaru, Sumenep.

“Tujuannya, kita mendorong dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam menyampaikan materi dongeng,” kata Kadarisman pada PortalMadura.Com, Selasa (8/12/2020).

Tingkatkan Kualitas Mendongeng Dosen Unija Latih Guru SDN Kalebengan III 2
Mendongeng (Ist)

Menurut Kadarisman, dongeng adalah warisan budaya luhur rakyat Indonesia dan patut dilestarikan. Pada dongeng, kata dia, tersisip pembelajaran karakter yang positif pada siswa.

Selama ini, dongeng sebagai bagian pembelajaran sastra, akan tetapi penyampaiannya tidak maksimal. “Itu disebabkan kurangnya kemampuan tenaga pendidikan dalam menyampaikan dongeng,” ujarnya.

Melalui pengabdian yang ia lakukan, maka diharapkan ada peningkatan kualitas tenaga pendidik dalam menyampaikan materi dongeng.

“Jadi, kita adakan pelatihan tentang teknik mendongeng yang baik. Manfaat yang akan diperoleh guru, adalah menambah wawasan dan pengetahuan tentang cara penyampaian materi dongeng sehingga siswa memiliki ketertarikan untuk menyimak secara sungguh-sungguh,” katanya.

Dari pelatihan itu, guru ditargetkan mampu menguasai teknik membangun suasana, teknik vokal, akting, ekspresi, dan penggunaan handproperty ketika mendongeng kepada peserta didik.

Dengan dilaksanakannya pelatihan mendongeng, diharapkan bisa dijadikan sebagai bekal dalam membangun proses interaksi belajar yang menarik, siswa lebih aktif di kelas, wawasan budaya dan etika tersampaikan dengan baik, serta meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Kalebengan III.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Lisa Mana L

Komentar