Tingkatkan Pengetahuan Hisab Rukyat, BHR Sumenep Gelar Bimtek Aplikasi

  • Bagikan
Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat
Bimtek Aplikasi Hisab Rukyat

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar bimbingan teknis Aplikasi Hisab Rukyat, selama dua hari, Rabu-Kamis (21-22/3/2018), di aula Al-Ikhlas Kemenag Sumenep.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah ormas Islam, pengurus BHR, sebagian dari Kepala KUA Kecamatan daratan, perwakilan pondok pesantren serta perguruan tinggi.

Ketua panitia pelakana, Innani Mukarromah mengatakan, tujuan dan sasaran dari terselenggaranya kegiatan ini adalah agar peserta memahami dan mampu menyerap berbagai informasi dan ilmu terbaru tentang ilmu hisab rukyat melalui pendekatan teknologi.

“Diharapkan, lahir praktisi hisab rukyat yang handal serta mampu mengaplikasikan teknologi terbaru dalam melaksanakan praktik ilmu falak,” katanya.

Dikatakan, program dalam pelaksanaan bimtek adalah meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang kehidupan keagamaan dan ibadah.

“Semoga BHR yang bergerak dibagian kehisaban, terutama dalam penentuan jadwal waktu salat, arah kiblat, dan penentuan awal bulan hijriyah benar-benar terwujud dengan baik,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Sumenep, Moh. Bakri saat memberikan pembinaan mengatakan, dengan adanya bimtek aplikasi hisab rukyat akan bertambah banyak ilmu pengetahuan yang didapat.

“Tentunya, semoga bermanfaat untuk umum serta dapat menyajikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan,” katanya.

Sementara, Kabag Kesmas Pemkab Sumenep, Imam Fajar mengaku bimtek berjalan dengan baik. “Hisab dan rukyah adalah bagian dari ilmu yang harus selalu dikembangkan, terlebih teknologi yang terus berkembang,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, selain menerima materi dari nara sumber dilanjutkan dengan praktik. “Hari pertama materi, hari kedua dilanjutkan praktik langsung,” pungkasnya.(Desy/Har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.