oleh

Tipe Guru Idaman yang Akan Membuat Siswa Semangat Belajar

PortalMadura.Com – Selain mencari ilmu, kadang ada beberapa siswa yang datang ke sekolah hanya untuk uang saku atau karena paksaan orang tua. variatif sekali bukan? Tapi kdang ada pula siswa yang semangat datang kesekolah karena termotivasi dari gurunya yang sangat ideal dan luar biasa.

sebagaimana dilansir dari Ilmupedia.co.id, Selasa (9/3/2021) berikut beberapa kriteria guru yang mampu menginspirasi siswa dan termotivasi untuk belajar:

Berpenampilan Menarik

Siapa siswa yang tidak senang jika memiliki guru yang cantik atau ganteng? pastinya senang dan ingin terus diajari sepanjang hari. Dan tak jarang pula saat memiliki guru yang demikian, siswa termotivasi menjadi lebih aktif dari biasanya karena ingin mendapat perhatian dari sang guru.

Humoris

Guru yang humoris juga menjadi idaman para siswa, bagaimana tidak, di saat pembelajaran yang sangat serius biasanya guyonan sang guru selalu di nanti untuk mencairkan suasana.

Atraktif

Guru yang atraktif juga bisa dikatakan sebagai guru yang kreatif. Guru yang atraktif selalu punya cara untuk menyampaikan materi degan sangat menarik. Misal memadukan dengan video, game atau lagu. Di jamin deh siswa akan senang dengan tipe guru yang seperti ini.

Berwibawa

Merendahkan diri merupakan sikap yang baik, namun apabila berlebiha justru akan membuat cenderung diremehkan oleh orang lain. Wibawa seorang guru sangat berpengaruh untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Pintar

Pintar merupakan kriteria utama untuk menjad guru idaman. penyampaian materi yang lugas dan berbobot biasanya akan membuat siswa aktif tanpa perlu diminta, rasa ingin tahu siswa akan meningkat degan sendiriya.

Ramah

Ramah juga merupakan tipe guru ideal yang sangat penting, saat guru memiliki sikap ramah maka siswa akan merasa lebih nyaman.

Nah, itu tadi beberapa tipe guru yang menjadi idaman semua siswa. Jika Anda seorang guru, maka terapkanlah sikap sikap diatas agar anda menjadi guru yang ideal dan di senangi oleh siswa-siswa Anda.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Ilmupedia.co.id

Komentar