Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Maag

Avatar of PortalMadura.com
Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Maag
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Kedatangan bulan suci ini menjadi kesempatan untuk mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT. Bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit tentu akan menyambutnya dengan lapang dada. Tapi bagaimana jika punya maag?.

Hal ini pasti membuatnya merasa khawatir. Sebab, sebagaimana yang diketahui, seseorang yang menderita penyakit ini tidak disarankan untuk makan secara telat. Apakah menjadi halangan untuk tidak berpuasa?.

Jawabannya tentu tidak. Sebab, dengan mengetahui trik-trik yang tepat, pada dasarnya mempunyai sakit maag tidak menjadi penghalang untuk tetap berpuasa seperti orang normal yang tidak memiliki riwayat sakit maag.

Bisa melakukan puasa bagi orang dengan sakit maag di sini ialah dengan perlakuan khusus tentunya. Agar nyaman menjalani puasa, pertama-tama yang harus diketahui adalah memahami dengan jelas seberapa parah sakit maag yang diderita.

Diketahui, secara garis besar sakit maag ini dikelompokkan menjadi yang organik dan penyakit maag fungsional. Penyakit maag organik rata-rata 30 persen, dan fungsional lebih besar yakni 70 persen. Setiap orang yang punya penyakit maag harus tahu dulu, apakah dirinya menderita maag kategori ringan ataukah berat.

Kemudian, disebutkan penting adanya melakukan pengaturan dan penjadwalan minum obat sehingga rasa sakit tidak menganggu saat sedang sahur, puasa, dan berbuka puasa. Tidak hanya itu, yang pasti memerhatikan makanan seperti apa yang diasup saat santap sahur dan berbuka juga termasuk dalam hal yang sangat utama.

Disebutkan lebih lanjut, penderita maag disarankan sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang berlebih dan berlemak juga metode makan itu sendiri. Sebab kegiatan makan bagi penderita maag, saat sedang berpuasa disarankan untuk dilakukan secara bertahap agar tidak merangsang terjadinya iritasi atau keluhan pada lambung.

Caranya adalah tidak makan banyak secara langsung alias tidak kalap saat waktu berbuka tiba. Pasalnya, apabila konsumsi makan tidak dikontrol, dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh, gejala seperti mual, kembung, dan perut terasa penuh karena adanya kenaikan asam lambung.

Untuk berbuka, disarankan diawali dengan memakan makanan manis dan minum air putih secukupnya sehingga lambung tidak merasa kaget saat diisi makanan.

Sedangkan saat sahur, sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang merangsang seperti asam dan pedas, hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan seperti cokelat, gorengan, tinggi lemak, lalu hindarkan diri dari mengonsumsi ketan.

Sebagai tambahan, penting pula untuk tidak merokok dan tidak meminum-minuman kopi. Demikian tips agar penderita maag merasa nyaman saat berpuasa. Semoga bermanfaat. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.