Tips Ampuh Memudarkan Ketiak yang hitam dan Ini Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Tips Ampuh Memudarkan Ketiak yang hitam dan Ini Penyebabnya
Tips Ampuh Memudarkan Ketiak yang hitam dan Ini Penyebabnya

PortalMadura.Com – Ketiak hitam membuat percaya diri seseorang menurun. Karena hal tersebut tidak enak dipandang dan menjadi terganggu dalam berpenampilan.

Berikut

1. Iritasi kulit ketiak

Iritasi pada kulit ketiak disebabkan karena mencukur dan mencabut bulu ketiak sehingga memicu produksi melanosit yaitu warna alami kulit yang berlebihan.

2. Infeksi Bakteri

Ada bakteri yang tumbuh subur yaitu Corynebacterium minutissimum. Penyebabnya karena terlalu banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembab, kesehatan tubuh tidak terjaga, menderita penyakit diabetes dan obesitas.

3. Kehamilan

Sebagian ibu hamil mengalami gangguan kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang hitam termasuk di bagian ketiak akan memudar saat setelah melahirkan.

4. Acanthosis nigricans

Orang yang memiliki penyakit Acanthosis nigricans akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit yang menjadi gelap dibagian ketik leher lengan paha serta tubuh.

Untuk menghilangkan ketiak hitam, penyebab munculnya ketiak hitam harus diketahui terlebih dulu. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka penggunaan obat antibiotik dapat menjadi solusinya. Selain dengan pengobatan, untuk membantu menghilangkan ketiak hitam, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Menjaga kulit ketiak agar tidak iritasi

Jika sering mencukur bulu ketiak, coba mandi air hangat terlebih dulu dan gunakan krim atau gel cukur saat hendak mencukur agar kulit ketiak tidak mudah mengalami iritasi.

Selain itu, jika kulit ketiak sering mengalami iritasi setelah menggunakan deodoran (antiperspirant), coba ganti deodoran dengan jenis deodoran tanpa pewangi atau hentikan penggunaan deodoran untuk sementara waktu.

2. Menggunakan bahan alami

Beberapa bahan alami dipercaya dapat mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Anda dapat menggunakan masker alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk.

Cara membuat masker ketiak dari berbagai bahan tersebut cukup mudah. Pertama, iris dan lunakkan atau haluskan menjadi jus bahan alami pembersih ketiak hitam yang ingin digunakan. Kemudian, tempelkan masker tersebut ke ketiak. Setelah itu, tunggu sampai beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Mengenakan pakaian yang menyerap keringat

Keringat berlebihan dapat menyebabkan kulit ketiak rentan mengalami iritasi. Suhu panas dan kelembapan di kulit ketiak ditambah kurangnya menjaga kebersihan tubuh juga dapat memudahkan kuman untuk tumbuh subur di ketiak. Hal ini dapat mengakibatan ketiak menjadi hitam.

TIPS : Ketahui penyebab ketiak hitam kamu dan hindari hal-hal yang membuat kulit ketiak kamu hitam dan tidak enak dipandang. Coba cara diatas untuk mengurangi terjadinya ketiak hitam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.