Peran Ayah Dalam Mengasuh dan Tumbuh Kembang Anak

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Peran Ayah Dalam Mengasuh dan Tumbuh Kembang Anak
Peran Ayah Dalam Mengasuh dan Tumbuh Kembang Anak

PortalMadura.Com – Sudah hal biasa bagi perempuan/ seorang ibu dalam mengasuh dan merawat anak. Namun, perlu lebih disadari lagi bahwa peran dan tanggung jawab atas tumbuh kembangnya anak adalah suami dan istri, tidak hanya bagi istri saja.

Anak yang dibawah pengasuhan ibu saja, tanpa peranan seorang ayah, Akan menyebabkan ketimpangan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab, kurangnya stimulan dari ayah/ orang tua.

Baca Juga

Seorang ayah mempunyai tiga peran yakni (mencintai, melatih dan menjadi model) dengan begitu pertumbuhan dan perkembangan anak akan stabil dan mampu membuat anak tumbuh dengan percaya diri.

Dampak dari Pentingnya Peran Ayah Bagi Anak

1.Berpengaruh pada kesuksesan anak

Anak yang berkembang dengan keterlibatan seorang ayah, pada anak perempuan maka ia akan tumbuh sebagai anak yang percaya diri. Sementara pada anak laki-laki akan membuatnya lebih terarah. Sehingga mereka bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi dan karir yang baik

2. Bekal untuk masa depan keluarganya

Ayah akan menjadi model yang dicontoh oleh anaknya. Bagaimana perlakuannya kepada ibunya sangat berdampak besar pada perilaku anak saat menjalani hubungan saat dewasa. Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak perempuan yang dekat dengan ayahnya cenderung menjalin hubungan yang sehat dengan pasangannya. Sedangkan pada anak laki-laki, kelak ia akan lebih sopan dan menghargai perempuan.

Selain itu, peran ayah-ibu atau dual parenting dapat membuat anak lebih disiplin, berani mengambil risiko, dapat melindungi si kecil serta menjadi temannya. Untuk itu, keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan pendidikan sangat berdampak positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.