Tips Atasi Cemburu Dalam Sebuah Hubungan

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Atasi Cemburu Dalam Sebuah Hubungan
Ilustrasi

PortalMadura.Com dalam sebuah hubungan merupakan hal yang wajar, mereka menyebutnya bahwa itu adalah sebuah tanda cinta. Namun disisi lain, hal tersebut akan menjadi bumerang tersendiri dalam hubungan asmara mereka.

Hal tersebut ibarat dua sisi mata uang, ia bisa menjadi menyelamat dan sekaligus hancurnya sebuah hubungan. Banyak pakar menyarankan untuk memahami cara kerja dan sumber dari kecemburuan itu sendiri.

Seoarang psikolog dari Yale University, Amerika Serikat, Dr Robert L Leahy, mengatakan, sebenarnya kecemburuan lebih banyak berhubungan dengan karakter diri sendiri.

” Cemburu selalu tentang orang ketiga,” papar Dr Robert L Leahy.

Menurut dia, kecemburuan terjadi ketika seseorang merasa terancam oleh pihak ketiga. Entah karena pasangan kita yang tertarik dengan pihak ketiga atau sebaliknya.

Dia memisahkan kecemburuan pada hubungan asmara menjadi dua kategori yaitu, kecemburuan seksual dan kecumburuan karena kedekatan emosional.

Dia juga berpendapat bahwa, pria lebih cenderung terkena dampak yang pertama. Sedangkan riset menunjukkan, wanita lebih berisiko mengalami kecemburuan karena kedekatan emosional.

“Keduanya bisa timbul dari rasa tidak aman tentang hubungan tersebut,” kata Leahy.

Hal tersebut bisa meliputi harapan yang tidak jelas, tingkat komitmen yang tidak seimbang, pengalaman pengabaian sebelumnya, dan pengalaman pengkhianatan sebelumnya. Namun, penyebab kecemburuan romantis yang paling mengejutkan jauh lebih dalam.

“Terkadang kecemburuan bisa menjadi konsekuensi dari harga diri tinggi yang membuat kekurangan perilaku orang lain lebih terlihat dibandingkan dengan mereka sendiri. Misalnya seseorang mengatakan ‘kalian tidak dapat memperlakukan saya seperti itu',” jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa tidak semua cemburu menyebabkan kesedihan. Cemburu dalam derajat kecil atau sedang bisa menjadi pertanda koneksi, komitmen, dan bahkan cinta. Dalam tingkat yang lebih rendah, hal yang normal bila seseorang terkadang mencoba untuk menguji pasangannya demi melihat apakah mereka cemburu.

Salah satu cara untuk menjelaskan hal tersebut adalah membayangkan pasangan kita berkata ‘saya tidak peduli jika kamu tidur dengan orang lain'.

Menurut Leahy, Bila mereka mengatakan hal tersebut, Anda akan mengira mereka tidak peduli dengan hubungan tersebut dan bahkan mereka berencana untuk berkhianat.

Membayangkan pasangan wanita yang berhubungan seks dengan orang lain adalah salah satu pemicu kecemburuan yang paling umum untuk pria.

“Wanita bisa cemburu dengan jenis perselingkuhan yang serupa tapi mereka sangat terancam oleh kedekatan emosional. Mereka takut pasangannya jatuh cinta pada orang lain,” ucap Leahy

So, bila Anda merasa cemburu pada pasangan Anda, tidak perlu merasa resah terlebih dahulu. Berikut beberapa tips atau saran oleh Leahy untuk mengatasi kecemburuan ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

1. Teliti dan normalkan kecemburuan tersebut. Kenali bahwa itu adalah emosi yang sulit untuk dimiliki dan itu adalah emosi umum.

2. Pertimbangkan untuk melepaskan perilaku kontrol cemburu. Cobalah untuk menanyakannya, periksa, ikuti dan kendalikan. Semakin kita terlibat dalam perilaku ini semakin kalian memperbesar kecemburuan.

3. Sisihkan waktu di mana kita akan fokus pada pemikiran cemburu tersebut. Leahy menyebut hal ini ‘jealousy time'. Apa pun pikiran yang kita miliki di lain waktu, tulislah, dan sisihkan 20 menit sehari untuk pemikiran ini.

4. Kembangkan beberapa peraturan dasar dengan pasangan tentang perilaku apa yang baik-baik saja dan apa yang tidak dan cobalah bersikap fleksibel.

5. Kenali bahwa jika segala sesuatunya tidak berjalan, ada kehidupan setelah hubungan ini.

Dalam sebuah hubungan tentu terkadang ada yang namanya hubungan berantakan, pengkhianatan, dan jelas hal tersebut membuat rasa sakit. Percayalah bahwa, ada kehidupan yang indah dan lebih baik dari setelah itu dan jangan pernah menyerah untuk menemukan kebahagian yang lebih baik.(kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.