Tips Berkendara Sepeda Motor Ketika Masa Liburan

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Berkendara Sepeda Motor Ketika Masa Liburan
Safety Riding

PortalMadura.Com – Memasuki akhir tahun sebagian masyarakat mempunyai kesukaan meluangkan waktunya untuk berlibur kesejumlah tempat wisata terdekat.

Sepeda motor dapat menjadi pilihan moda transportasi yang tepat. Bagaimana berlibur menggunakan sepeda motor yang aman?. Carmudi sebagai platform jual beli kendaraan berbagi tips :

Kenali Fungsi Sepeda Motor sebagai Moda Transportasi
Sepeda motor merupakan moda transportasi yang efektif untuk jarak tempuh kurang dari 200 kilometer. Untuk kondisi tersebut, sepeda motor hanya boleh dimuati oleh dua orang dewasa dengan muatan tidak lebih dari 30 kilogram. Sepeda motor harus dalam kondisi prima untuk menghindari kerusakan yang terjadi sepanjang perjalanan.

Gunakan Atribut Berkendara Lengkap
Untuk menempuh jarak maksimal hingga 200 kilometer, Anda sebaiknya memakai perlengkapan standar keselamatan, seperti helm full face, masker penahan debu, jaket kulit. Selain itu, Anda perlu membawa jas hujan mengingat sekarang sudah memasuki musim hujan. Atribut berkendara ini sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara mengingat tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor di Indonesia, yaitu sebesar 71% dari total kecelakaan.

Istirahat yang cukup dan konsentrasi
Setiap menempuh maksimal 2 jam perjalanan, Anda harus beristirahat 15 menit. Istirahat ini sangat penting untuk menghindari kelelahan, dehidrasi, mengantuk, serta penting untuk kembali meningkatkan konsentrasi. Komisi Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan bahwa konsentrasi yang dibutuhkan pengendara sepeda motor adalah lima kali lipat lebih besar dibanding dengan pengendara mobil. Apabila Anda berkendara di malam hari, tingkat konsentrasi yang diperlukan 2 kali lipat dibandingkan berkendara di siang hari karena tingkat kecelakaan di malam hari lebih tinggi (13,4%) dibandingkan di siang hari (10,3%).

Jangan Gunakan Smartphone
Hal yang paling berbahaya yang sering dilanggar pengendara sepeda motor adalah menggunakan telepon genggam ketika berkendara. Hal yang paling umum ditemukan adalah menelepon dan juga mendengarkan musik menggunakan earphone ketika berkendara. Kedua hal ini sangat berbahaya karena mengurangi tingkat konsentrasi dan membuat Anda tidak awas dengan lingkungan sekitar. Apabila memang harus menggunakan telepon genggam, menepilah di tempat yang aman sehingga Anda terhindar dari potensi kecelakaan.

Posisi Badan yang Tepat
Badan tidak terlalu condong ke depan dan rileks agar mendapatkan keseimbangan yang sempurna. Seluruh jari menggenggam setang ketika berkendara dengan kecepatan stabil, beberapa jari hanya boleh ditempatkan di tuas rem dan kopling bila ingin mengerem dan mengganti gigi. Untuk sepeda motor otomatis, seluruh kaki berada di deck, dan posisi paha, lutut, dan kaki sejajar tidak keluar dari deck. Untuk sepeda motor sport, posisi paha menjepit tangki bensin. Posisi badan yang benar ini sangat penting karena mempengaruhi kontrol keseimbangan pada sepeda motor.

Ride and Enjoy!
Ingat, tujuan utama Anda adalah berlibur. Tidak usah terburu-buru sampai ke tujuan hingga mengabaikan keselamatan. Nikmati perjalanan Anda bersama keluarga, berkendaralah dengan santai dan nyaman.(Carmudi Indonesia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.