Tips Ideal Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Ideal Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Tips Ideal Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

PortalMadura.Com – Mengembalikan berat badan seperti saat sebelum mengandung bisa menyita waktu para ibu untuk menemukan cara yang tepat untuk melakukan hal itu.

Namun Anda tak perlu khawatir berikut beberapa tips ideal yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan setelah .

Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Perbanyak Jalan Kaki

Berjalan kaki dapat membakar kalori dan menurunkan badan anda. Waktu yang pas untuk melakukan aktivitas ini adalah pada pagi atau sore hari, saat matahari tidak terlalu menyengat.

Anda dapat melakukannya sambil mendorong bayi anda dengan kereta dan mengajaknya jalan-jalan di sekitar rumah. Lebih dari itu, berjalan-jalan keluar rumah juga dapat menghilangkan stress dan suntuk karena seharian anda berada di dalam rumah.

Mengubah Kebiasaan Pola Makan

Lebih baik makan 3 kali sehari dengan menu komplit daripada makan satu kali tapi di tambah cemilan yang manis dan kurang menyehatkan misalnya cokelat, snack.

Untuk ibu yang masih menyusui jangan lupa memperhatikan kecukupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi. Jangan lupa banyak mengkonsumsi air putih.

Meditasi atau Yoga

Meditasi sangat banyak sekali manfaatnya, selain membuat pikiran tenang, ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk tubuh bagian bawah. Pertama adalah tiger pose. Caranya: posisikan tangan dan kaki di alas seperti merangkak, lalu lipat satu kaki. Kemudian satu kaki diluruskan lalu lipat dalam hitungan 10.

Hal itu diulang bergantian. Wanita pasca melahirkan memang diwajibkan melakukannya. Kedua yaitu triangle pose. Anda berdiri dengan kaki yang terbuka lebar, kemudian tekuk badan anda ke kiri hingga tangan kiri menyentuh alas, sedangkan tangan kanan lurus ke udara. Ulangilah bergantian dengan arah berbeda.

Menyusui

Beberapa penelitian mengungakapkan bahwa aktifitas menyusui bayi bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badannya secara bertahap, setidaknya selama 6 bulan setelah kelahiran.

Dalam proses ini sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh, hormon-hormon inilah yang akan membantu rahim untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula seperti sebelum hamil.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Bila Anda menyusui, Anda akan merasa haus. Oleh karena itu, Anda harus minum banyak air untuk menjaga cairan tubuh Anda tetap tercukupi.

Asupan air juga akan menjaga kulit Anda tetap muda serta mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Selain itu, meminum air putih secara berkala akan membantu untuk mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Bercengkerama dengan Bayi

Salah satu cara yang menyenangkan adalah beraktifitas dengan bayi. Secara tidak langsung ini akan membakar lemak dalam tubuh. Misalnya dengan mengajak bayi berjalan-jalan dengan menggunakan stroller dan mendorongnya atau menggendongnya. Hal tersebut dapat membakar lemak dalam tubuh Anda.

Buat Target Realistis

Tidak mungkin berat badan kembali ke ukuran sebelum hamil dalam waktu sekejap. Karena itu untuk memotivasi diri, tempel foto sebelum hamil di tempat yang mudah terlihat, misalnya di kulkas.

Tidur yang Cukup

Meski terasa mustahil bagi ibu baru melahirkan untuk bisa mendapat tidur cukup tapi studi menunjukkan ibu baru yang tidur lima jam atau kurang di malam hari cenderung berat badannya bertambah. Sebab, saat lelah tubuh akan melepaskan kortisol dan hormon stres lain yang bisa memicu bertambahnya berat badan.

Nah, itu tadi ulasan tentang tips ideal menurunkan berat badan bagi para ibu setelah melahirkan. Mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan bukanlah perkara yang sulit jika Anda benar-benar bekerja keras dan sungguh-sungguh melakukannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.