oleh

Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman Bagi Warga Madura

PortalMadura.com– Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan pinjaman online tanpa anggunan bagi masyarakat di Indonesia. Sayangnya banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan kesempatan ini untuk menipu dan memakan banyak korban.

Umumnya mereka akan menyasar para pengguna yang awam dengan teknologi, dan menjanjikan pinjaman online cepat cair tanpa jaminan dalam waktu singkat.

Loading...

Jangan sampai kamu jadi korban selanjutnya! Berikut ini tips memilih pinjaman online yang aman bagi masyarakat Madura

Pastikan Sudah terdaftar di OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan, bahwa semua perusahaan yang bergerak di pinjaman uang online wajib terdaftar di OJK.

Jadi pastikan anda memilih pinjaman online pada perusahaan yang telah terdaftar di OJK.

Banyak kelebihan memilih perusahaan yang sudah terdaftar OJK, dan anda sangat disarankan memilih yang sudah terdaftar saja.

Karena perusahaan yang tidak terdaftar di OJK sangat riskan terkait perlindungan konsumen, sebab mereka tidak memiliki legalitas yang tidak jelas. Atau bisa dikatakan Ilegal dan dapat menimbulkan masalah dikemudian hari.

Selain itu, anda sebagai konsumen akan memiliki perlindungan konsumen,karena perusahaan pinjaman online wajib mematuhi ketentuan, etika serta perilaku yang ditetapkan regulator.

Dengan seperti itu kasus perusahaan pinjaman online langsung cair tanpa jaminan yang melakukan cara – cara penagihan tidak pantas yang sering dikeluhkan masyarakat bisa diredam dan diminimalisir jika berstatus terdaftar, karena terdapat sejumlah ketentuan dan etika soal penagihan hutang dengan cara – cara yang pantas dan bermartabat.

Layanan Pelanggan Jelas dan Mudah Dihubungi

Salah satu ketentuan dari OJK, penyelenggara kredit online wajib menyediakan layanan untuk menyelesaikan komplain nasabah.

Tersedianya Layanan Pelanggan yang mudah di hubungi sangat penting untuk anda yang ingin memilih perusahaan pinjaman online.

Hal ini terkait pemecahan masalah jika sewaktu-waktu anda membutuhkan komunikasi dengan perusahaan, terutama terkait pinjaman yang telah anda ajukan.

Tips dari kami, pastikan contact center yang disediakan bukan hanya dalam bentuk online seperti chat maupun e-mail, namun pilihlah perushaan yang memiliki no telpon fixed line karena itu akan lebih mudah dihubungi, dan anda tidak perlu menunggu balasan dari Customer Service.

Transparan

Kehadiran perusahaan pinjaman online merupakan salah satu solusi mengurangi proses transaksi serba manual dan membutuhkan waktu, selain itu verivikasi pinjaman juga dapat dilakukan secara transparan sesuai data yang telah diajukan.

Namun bagi calon nasabah, carilah perusahaan yang menyediakan informasi selengkap mungkin terkait bunga, jatuh tempo dan biaya- biaya terkait lainnya sebelum pinjaman disetujui.

Sehingga anda mengerti soal potongan – potongan biaya yang dibebankan saat pengajuan pinjaman uang online  dan jelas sejak awal.

Untuk mengetahui transparansi pinjaman yang anda akan ajukan, biasanya di website atau aplikasi pinjaman online terdapat “kalkulator”.

Dalam kalkulator tersebut, nasabah sudah bisa mengetahui dengan jelas berapa pinjaman yang bisa diajukan, berapa biaya atau bunganya dan berapa lama tenor serta tanggal jatuh tempo.

Dalam pinjaman online terdapat biaya yagn sering muncul:

  • Provisi: uang tanda jasa karena pinjaman di setujui
  • Administrasi: uang untuk menurus administrasi pinjaman, terkadang jadi satu dengan provisi.
  • Denda: biaya yang dikenakan saat cicilan terlambat dibayar.
  • Penalti : biaya yang dikenakan jika anda melakukan pelunasan dipercepat.

Untuk biaya provisi dan administrasi merupakan hal biasa. Untuk denda pastikan pilih denda yang transparan dan wajar, keterlambatan dalam pembayaran cicilan seharusnya dihitung perbulan bukan per hari.

Baca Juga: Ini 3 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Dana Pinjaman Online

Sementara untuk penalti, harus dipastikan ada atau tidak dan bagaimana perhitungannya. Tips dari kami carilah perusahaan yang menetapkan biaya pinalti berdasarkan presentase dari sisa plafon, bukan presentase dari total plafon.

Keamanan Transaksi

Transaksi online sangat rawan, terutama kasus pencurian data. Untuk itu pastikan website perusahaan pinjaman online aman.

Salah satu cara sederhana untuk mengecek keamanan transaksi anda, yakni dengan memperhatikan situs apakah dilengkapi dengan keamanan konsumen.

Biasanya akan terdapat tanda gembok terkunci di sisi kiri atas alamatnya. Lihatlah di pojok kiri komputer maupun ponsel anda, apakah ada tanda gembok terkunci. Jika ada maka kemanan transaksi anda terjamin.

Selain itu, carilah referensi dengan meminta saran kepada saudara maupun kenalan anda yang pernah menggunakan jasa pinjaman. Guna mendapatkan informasi selengkap mungkin sebelum anda mengajukan pinjaman.

Itulah beberapa Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman bagi anda yang tertarik melakukan pinjaman online, semoga informasi diatas membantu anda melaukan transaksi keuangan secara aman.

Penulis: Firman Ghazali Akhmadi
Editor:-