oleh

Tips Mengobati Luka Bakar Pada Anak yang Benar

PortalMadura.Com, Sumenep – Luka bakar bisa terjadi kepada siapapun, bukan hanya kepada ibu-ibu yang suka masak di dapur, tapi juga bisa terjadi kepada anak-anak. Luka bakar yang terjadi pada anak-anak akan menimbulkan kepanikan bagi orang tua. Setiap orang tua harus memilih cara yang tepat memberikan pertolongan pertama.

Jika anak atau adik Anda terkena luka bakar atau percikan api, maka cara pertama yang harus dilakukan adalah mencuci dengan air mengalir. Namun jika luka bakar sangat parah, maka harus segera di bawa ke dokter. Pastinya pada bertanya-tanya bagaimana cara mengobati luka bakar pada anak?

Selain mencuci dengan air mengalir, ada langkah lain dan cara yang harus dipertimbangkan untuk mengobati luka bakar pada anak. Melansir dari laman Grid.Id berikut langkah mengobati luka bakar pada anak:

Lepaskan Anak dari Sumber Luka Bakar

Melepaskan anak dari sumber luka bakar bisa menjadi salah satu cara utama untuk mengurangi keparahan luka bakar. Sumber luka bakar bisa seperti, korek api, plastik yang terkena bakar, atau benda-benda panas lainnya. Sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Lepaskan Pakaian atau Aksesoris Jika Tidak Menempel

Bila luka bakar ringan, maka tidak perlu melepaskan pakaian, namun jika luka bakar terjadi di area tangan maka, aksesoris harus dilepaskan seperti cincin atau gelang. Lepaskan secara hati hati agar tidak menimbulkan luka yang lebih parah terhadap anak Anda.

Dinginkan Luka Bakar Dengan Air yang Mengalir

Bilas luka bakar anak Anda dengan air yang mengalir. Apabila dibilas pada air tidak mengalir maka akan menimbulkan luka bakar yang lebih parah dan gunakan air suhu ruang bukan air es ataupun air hangat.

Berikut yang tidak boleh Anda lakukan dalam mengobati luka bakar pada anak:

Jangan mengoleskan es atau menempelkan es secara langsung ke bagian luka bakar anak Anda, karena hal ini dapat menyebabkan luka semakin parah.

Jangan berikan obat antibiotik tanpa resep dari dokter.

Jangan oles mentega atau pasta gigi kepada luka bakar anak Anda, karena ini akan memperburuk situasi luka.

Perlu Anda ketahui, bahwa kulit anak-anak sensitif dan halus. Sehingga memerlukan penanganan yang benar.
Penanganan pertama yang benar sangat dibutuhkan untuk mengurangi luka yang semakin parah. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Grid.Id
Tirto.ID
Loading...

Komentar