Tips Untuk Bunda Dirumah, Agar Anak Mau Makan Sayur

Avatar of PortalMadura.com
Tips Untuk Bunda Dirumah, Agar Anak Mau Makan Sayur
Ilustrasi (kompasiana.com)

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti ingin agar kebutuhan gizi anaknya terpenuhi, termasuk vitamin, mineral, dan serat yang banyak terdapat dalam sayur. Tapi sayangnya, anak-anak hampir selalu menolak . Dan tak sedikit anak yang tidak suka sayur.

Jika dipaksa justru anak akan semakin membenci . Dilansir dari laman Alodokter.Com, Minggu (11/4/2021), berikut trik agar anak mau makan sayur:

Berkreasi Dengan Sayuran

Ajaklah si kecil berkreasi dengan sayuran, misalnya membuat bentuk hewan di atas nasi menggunakan potongan sayur, seperti wortel, tomat, atau rumput laut. Bunda juga bisa memotong kentang dan wortel menggunakan cetakan khusus dengan bentuk yang lucu.

Puji Anak Jika Sudah Makan Sayur

Sebagai bentuk penghargaan dan untuk menyemangati anak, jangan lupa berikan pujian setiap kali anak sudah mengonsumsi sayur. Namun ingat, jangan memberikan anak makanan yang tidak sehat sebagai hadiah karena sudah mau makan sayur.

Ajak Temannya Makan Sayur Bersama

Anak bisa jadi akan termotivasi untuk makan sayur saat ia melihat teman-temannya juga makan sayur. Jadi, sesekali ajaklah teman si kecil yang gemar makan sayur untuk makan bersama.

Memberikan Contoh

Tentu saja anak tidak akan berminat mengonsumsi sayur jika ia melihat ayah dan ibunya juga tidak suka makan sayur. Jadi, jika ingin membiasakan si kecil makan sayur, pastikan Bunda dan Ayah juga sudah terbiasa makan sayur.

Ajak Anak Ikut Memilih Dan Mengolah Sayur

Biarkan Anak memilih sendiri sayur yang menarik perhatiannya, saat berbelanja di supermarket atau pasar. Mintalah si kecil untuk membantu mencuci dan memotong sayur, kemudian libatkan dia saat Bunda memasak. Dengan begitu, ia akan dengan bangga memakan sayur yang dipilih dan diolahnya sendiri.

Padukan Sayur Dengan

Anak-anak mungkin tidak suka makan sayur yang direbus atau dikukus karena rasanya pahit atau hambar. Tapi bila dipadukan dengan makanan favorit anak, sayur akan terasa lebih enak dan anak-anak mungkin akan menyukainya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.