oleh

Toner Alami dari Argan Oil dan Teh Hijau Ini Bisa Basmi Jerawat

PortalMadura.Com – Salah satu permasalahan kulit yang sering kali membuat kaum hawa keresahan adalah munculnya jerawat di wajah. Jika hal seperti ini sudah terjadi, maka diperlukan perawatan wajah yang tepat untuk mengatasi jerawat tersebut.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan toner yang punya khasiat untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat dan tidak menimbulkan bekas. Misalnya dengan memanfaatkan toner berbahan argan oil dan teh hijau.

Kenapa harus argan oil dan teh hijau?. Pasalnya, kedua bahan alami ini ternyata memiliki kandungan yang bagus untuk kulit berjerawat. Hal ini sebagaimana informasi singkat dan cara membuatnya yang dikutip Merdeka.com dari situs Dr. Axe.

Sebelum membahas tentang cara membuatnya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan dalam kedua bahan alami tersebut.

Argan oil mengandung asam linoleat. Kandungan ini efektif untuk meredakan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat tanpa menjadikan kulit kering. Karena itulah argan oil kerap digunakan sebagai carrier oil untuk minyak esensial khusus kulit berjerawat, misalnya orange oil, neroli oil, dan tea tree oil.

Sementara teh hijau, memang sudah lama diketahui mengandung antioksidan tinggi. Jenis teh ini juga memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba, dua sifat penting yang dibutuhkan untuk mencegah jerawat.

Karena itu, jika dikombinasikan dengan argan oil, teh hijau akan membantu mengempeskan jerawat dengan cepat dan menurunkan risiko terjadinya inflamasi serta pembentukan bekas jerawat (scarring).

Baca Juga: Gunakan Teh Hijau Sebagai Toner Wajah untuk Kecantikan Kulit

Nah, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat toner dari argan oil dan teh hijau serta cara menggunakannya:

Bahan-bahan:

1 cangkir air panas
1 bungkus teh hijau celup
2-4 tetes argan oil
1-2 tetes minyak esensial jeruk, atau lemon, atau tea tree

Cara menggunakannya:

Seduh teh dengan secangkir air panas yang baru mendidih, kemudian diamkan selama 7-10 menit. Lalu, angkat teh celup dan biarkan suhu air seduhan menurun. Setelah itu, tambahkan minyak esensial dan argan oil. Aduk rata dengan sendok atau pengaduk steril, kemudian simpan di dalam wadah kedap udara yang sudah disucihamakan. Selanjutnya, gunakan toner setiap pagi dan malam. Usapkan dengan kapas pada wajah yang sudah bersih dari makeup.

Itulah cara memanfaatkan argan oil dan teh hijau sebagai toner khusus kulit berjerawat. Selamat mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE