Transmisi Mobil Matik Tak Bisa Pindah Gigi? Ini 3 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Transmisi Mobil Matik Tak Bisa Pindah Gigi? Ini 3 Penyebabnya
Ilustrasi (mobilmo.com)

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting bagi sebuah mobil saat berkendara di jalan raya yaitu persneling. Oleh karena itu, piranti yang satu ini perlu dirawat dan selalu dicek agar tidak menjadi masalah ketika berkendara.

Seperti contohnya, persneling pada yang tidak bisa dipindahkan giginya. Tentu hal ini menjadikan pengendara khawatir. Lantas apakah penyebabnya?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut beberapa faktor penyebab tranmisi mobil matik tidak bisa pindah gigi.

Masalah pada Switch Rem

Salah satu penyebab mobil matik tidak bisa berpindah gigi disebabkan adanya kendala pada switch rem. Ketika pedal rem diinjak, switch rem tidak ikut tertekan.

Kondisi ini membuat tuas transmisi tidak akan bisa pindah meski pedal rem diinjak sampai penuh. Tanda paling mudah untuk mengetahui kondisi ini adalah lampu rem yang tidak menyala saat pedal rem diinjak.

Kerusakan pada switch rem sendiri merupakan bentuk pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan dalam berkendara. Jika sudah tahu letak permasalahannya, Anda perlu menganalisis dan mengganti partisi yang bermasalah.

Anda bisa memperhatikan apakah brake switch pada rem perlu diganti atau cukup disetel ulang. Berikut ini sejumlah langkah pemeriksaan switch rem yang bermasalah.

a. Buka fuse box yang terletak di ruang mesin. Kemudian cari di balik tutup boks sekring, serta kode yang menunjukkan fuse tail lamp. Periksa sekring tersebut apakah putus atau tidak. Caranya dengan mencabut sekring lalu lihat apakah bagian penghantar arus masih tersambung atau terputus. Jika putus, segera ganti dengan ukuran yang sesuai.

b. Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh soket yang kendur. Anda hanya perlu mengencangkan soket sampai berbunyi ‘klik' hingga fungsi switch rem normal kembali.

c. Jika tidak menemukan dua masalah di atas, mungkin setelan yang dilakukan kurang pas. Terkadang switch rem tidak berfungsi apabila setelan switch terlalu jauh. Gunakan kunci pas 12 mm untuk menyetel ulang, putar ke kiri atau ke kanan sampai berfungsi normal.

d. Apabila ketiga langkah di atas belum berhasil, ini menunjukkan jika Anda harus mengganti brake switch pada rem.

Switch Rem Kotor

Selain masalah pada switch rem, kendala yang membuat persneling mobil matik tidak bisa dipindahkan karena switch rem kotor oleh debu, kotoran bahkan sisa pelumas yang menumpuk. Alhasil switch rem tidak berfungsi sehingga tuas transmisi tidak bisa dipindahkan.

Biasanya kondisi ini terjadi pada saat mesin mobil dingin. Ketika dipanaskan, kotoran bisa luruh sehingga transmisi mudah digeser. Apabila switch rem sudah rusak, Anda bisa menggantinya dengan yang baru dan pastikan sesuai untuk tipe mobil Anda.

Kerusakan pada Gearbox

Salah satu faktor yang membuat matik tidak bisa berpindah yaitu pada gearbox. Masalah ini muncul karena ada kerusakan pada kabel gearbox, bisa jadi terputus ataupun kabelnya mengelupas. Akibatnya, saat tuas sudah dipindahkan namun perpindahan gigi tidak terjadi.

Anda bisa merasakan ketika tuas persneling berhasil pindah, namun saat menginjak pedal gas malah terasa berat. Hal itu bisa menandakan jika adanya kegagalan dalam perpindahan gigi

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.