Tubuh Anda Kerap Terasa Lemas? Yuk, Lakukan 9 Detoks Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Tubuh Anda Kerap Terasa Lemas? Yuk, Lakukan 9 Detoks Alami Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Makanan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari tanpa disadari ternyata dapat membuat banyak racun yang kemudian menumpuk di dalam tubuh. Racun tersebut tentu saja bisa memengaruhi kerja organ di dalam tubuh, mulai dari otak, ginjal, paru-paru, dan bagian lainnya.

Apalagi, organ-organ tersebut tentunya memiliki fungsi yang penting untuk menyingkirkan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Jika kerjanya terganggu, maka akan membuat racun terendap di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.

Maka dari itu, tidak heran bila seringkali tubuh terasa lemas meski tidak sedang bekerja berat, dan sudah makan serta tidur teratur. Lantas, apakah Anda juga mengalami hal ini?. Untuk itu, lakukan cara sederhana dengan agar racun keluar dan badan menjadi bugar.

Nah, berikut ini sembilan detoks alami yang mudah dilakukan agar badan tidak terasa terus-menerus lemas:

Minum Air Lemon Hangat ditambah Madu
Cara alami detoksifikasi yang mudah dilakukan adalah dengan mencampur air lemon dan madu. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup peras satu buah lemon, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu, setelah itu seduh dengan air panas.

Minum selagi masih hangat, dan lakukan rutin setiap pagi hari. Maka nantinya, racun-racun di dalam usus akan keluar melalui air seni dan feses. Dengan begitu, badan akan terasa bugar dan sehat.

Minum Jus Lidah Buaya 2 Kali Sehari
Lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Tidak hanya dapat membuat rambut tumbuh dengan subur, juga berfungsi mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Zat antioksidan di dalam lidah buaya membantu menghilangkan racun-racun berbahaya.

Konsumsilah jus lidah buaya 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari, untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam organ tubuh. Lakukan dengan rutin dan rasakan khasiatnya.

Makan Sayuran yang Banyak Mengandung Serat
Sayuran yang kaya kandungan serat akan memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk mengonsumsinya setiap hari, baik dalam bentuk jus maupun olahan setengah jadi dari berbagai sayuran yang mengandung serat banyak sebagai detoksifikasi tubuh.

Makan Bawang Putih Segar ataupun Olahan
Meskipun terdengar unik, namun bawang putih memiliki peran yang penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Kandungannya yang kaya antioksidan membuat tubuh selalu terlindungi dari penyakit, serta membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh. Konsumsi bawang putih dengan berbagai cara, seperti sebagai campuran masakan, atau sekadar disantap mentah-mentah.

Minumlah Teh Herbal
Mulai dari teh hitam, teh hijau, teh kayu manis, dan beragam teh herbal lainnya, juga sangat bagus untuk membersihkan racun-racun yang terendap di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi teh herbal ini di pagi hari sebelum beraktivitas, kemudian rasakan perbedaannya dalam tubuh Anda dengan ketika sebelum rutin meminumnya.

Konsumsi Air Putih yang Banyak
Ginjal berfungsi untuk menghasilkan urin yang merupakan sarana guna mengeluarkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh. Sehingga sangat baik bila mengonsumsi air putih untuk membantu kerja ginjal Anda. Setidaknya, konsumsi 2,5 liter air putih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika perlu, Anda bisa menambah jumlahnya saat ingin melakukan detoksifikasi.

Keluarkan Racun Melalui Keringat
Cara detoksifikasi lainnya yang mudah dilakukan adalah dengan mengeluarkan keringat. Keringat merupakan salah satu cara yang digunakan tubuh untuk dapat mengeluarkan racun.

Sebuah penelitian menjelaskan jika terdapat kandungan timbal, cadmium, arsenic dan merkuri dalam keringat yang dikeluarkan manusia. Lalu bagaimana cara mengeluarkan keringat?. Anda bisa melakukan olahraga ataupun sauna. Setidaknya, melakukan olahraga 30 menit setiap harinya sudah cukup bagi tubuh Anda.

Lakukan Puasa dan Hindari Stres
Tanpa disadari, saat menjalankan puasa, Anda juga sedang melakukan pembersihan tubuh dari segala racun-racun yang mengendap di dalamnya. Saat sedang puasa, tentunya Anda tidak akan makan dan minum selama beberapa jam. Saat inilah yang dimanfaatkan tubuh untuk melakukan pembersihan serta beristirahat.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda menghindari diri dari stres, sehingga memberikan waktu untuk tubuh beristirahat penuh secara fisik dan mental. Mungkin Anda bisa melakukannya 1 kali dalam seminggu.

Jauhkan Tubuh dari Kebiasaan yang Tidak Baik
Mulai dari merokok, minum-minuman beralkohol, dan kebiasaan buruk lainnya, akan lebih baik bagi kesehatan tubuh Anda bila dihindari. Sebab, kebiasaan-kebiasaan tersebut sama sekali tidak menguntungkan bagi tubuh Anda. Malahan, bisa saja dapat membuat banyaknya racun yang terendap dalam tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Jadi, lakukanlah detoks alami dan jadikan tubuh Anda terus bugar. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.